Mengenal Server VPN dan Fungsinya

Server VPN – Bagi yang masih awam mengenai dunia internet tentu masih sedikit blank tentang istilah-istilah yang sering ada. Mungkin kita sering mendengar namun tidak tahu dengan pasti apa fungsinya. Di artikel kali ini, kami akan mengupas tentang server vpn serta fungsinya yang harus anda ketahui.

Vpn atau Virtual Private Network adalah sebuah layanan yang memberikan akses ke suatu website dengan aman dan private dengan cara mengubah arah koneksi melalui server dan unhide pertukaran data.

Jadi, Vpn bisa mengkoneksikan atau menjadi penyambung device yang anda gunakan seperti handphone, komputer, tablet dll untuk tersambung dengan internet sesuai dengan wilayah atau jaringan yang sudah dikenali. 

Intinya tugas Server VPN adalah untuk meneruskan koneksi Anda ke situs yang ingin anda akses. 

Ada beberapa keuntungan menggunakan server vpn, salah satunya adalah didunia kerja karena server ini akan mengakses internet menggunakan lorong khusus, tidak menggunakan jaringan utama. remote access biasanya sering dimanfaatkan karena dengan menggunakannya, kita bisa mengakses internet menggunakan jaringan kantor dari mana saja selama terhubung dengan jaringan internet.

Baca Juga : Apa itu Bandwidth dan Fungsinya

Selain berbagai keuntungan yang kita dapatkan, server ini juga ada kekurangannya. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah soal koneksi yang lebih lambat hingga tidak stabil. Disamping itu, butuh konfigurasi manual yang cukup rumit jika ip belum dikenali dan batasan pengguna di lokasi yang berbeda. 

Lantas, aman tidak menggunakan server pvn?

Jawabannya tergantung dengan protokol yang diterapkan. Menggunakan Pvn masih cukup aman meski tidak 100% aman. Meski demikian menggunkan PVN dinilai masih lebih aman dan direkomendasikan ketimbang koneksi biasa. 

Baca Juga:  Pengertian Cloud Server Serta Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Di tulis oleh: