Hostnic Promo

Cara Menggunakan Google Adwords

1. Buka Google Ads

2. Buat akun Google
Kalian bisa menggunakan akun Google pribadi. Namun, jika kalian tidak ingin kotak masuk email penuh dengan email dari Google Ads, kalian bisa membuat akun Google baru khusus untuk keperluan Google AdWords.

3. Pilih Goal
Setelah login ke AdWords, kalian akan diminta untuk memilih goal dari iklan. Ada tiga pilihan goal yang disediakan AdWords dan pilih salah satu yang paling cocok dengan bisnis.

Goal pertama adalah menghubungi kalian melalui telepon. Jika kalian menjalankan bisnis yang kebanyakan transaksinya dilakukan via telepon, pilihlah goal pertama. Misalnya, kalian mengelola bisnis konsultasi yang menuntut klien untuk berbicara panjang melalui telepon.
Goal kedua adalah mengunjungi toko fisik. Apabila kalian mengelola toko fisik seperti restoran, kafe, rumah makan, atau jenis usaha lain yang menuntut pelanggan untuk langsung mengunjungi toko, kalian bisa memilih goal kedua.
Goal terakhir adalah mengunjungi website. Jika transaksi usaha kalian kebanyakan dilakukan melalui website, sebaiknya pilih goal ketiga. Pelanggan bisa langsung mengunjungi website.

4. Pilih Jangkauan Lokasi
Selanjutnya pilih jangkauan lokasi yang di targetkan. Kalian bebas memilih jangkauan lokasi, baik di Indonesia maupun luar negeri. Kalian bahkan bisa mempersempit jangkauan lokasi ke kota atau provinsi tertentu.

5. Pilih Kategori
Pilih kategori bisnis yang kalian kelola untuk memudahkan Google untuk menentukan target audience iklan.

6. Buat Copy Iklan
Membuat copy iklan untuk paid search tidak bisa dilakukan sembarangan. Google membatasi karakter untuk copy iklan. Untuk headline iklan kalian bisa menulis sampai 30 karakter. Sedangkan untuk isi iklan kalian bisa menulis sampai 80 karakter.
Dengan karakter terbatas, kalian dituntut untuk membuat iklan yang singkat, padat, jelas, dan tentu menarik. Buatlah materi iklan yang berisi instruksi jelas apa yang harus dilakukan calon pelanggan ketika melihatnya.

7. Masukkan Foto (Opsional)
Pilih foto terbaik yang menggambarkan bisnis dan promo yang sedang kalian jalankan. Pilihan foto ini opsional.

8. Tentukan Budget
Jangan khawatir soal budget ketika menggunakan Google AdWords. Google menerapkan PPC atau Pay Per Click. Jika iklan kalian tidak diklik, kalian tidak perlu membayar. Jadi kalian hanya perlu membayar ketika iklan diklik oleh target audience. Dengan cara ini kalian bisa menghemat biaya iklan. Kalian juga bebas menetapkan estimasi biaya. Jika ini adalah kali pertama kalian menggunakan Google AdWords, sebaiknya pilih estimasi biaya terkecil. Setelah itu evaluasi performa iklan Google AdWords pertama. Apabila performa iklan kalian menunjukkan hasil yang cukup baik, kalian bisa meningkatkan biaya secara bertahap untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

9. Pilih Metode Pembayaran
Metode pembayaran yang disediakan Google cukup beragam. Kalian bisa membayar menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Jadi meskipun kalian tidak memiliki kartu kredit, kalian tetap bisa memanfaatkan layanan Google AdWords.


Di tulis oleh: