Perlu Dipahami Istilah Istilah dalam Web Hosting

Istilah Istilah dalam Web Hosting РMengapa Anda perlu mengetahui istilah-istilah dalam hosting? Tujuannya agar Anda tidak salah dalam memilih dan memilih paket hosting yang disediakan oleh layanan hosting dan domain tersebut. 

Berbicara tentang penyedia hosting domain, kami memiliki rekomendasi terbaik dari Hostnic.id. Silakan baca dulu syarat web hosting di bawah ini dan kemudian Anda akan memanfaatkan layanan dari Hostnic.id

Dalam dunia web hosting, ada beberapa istilah yang tidak asing lagi terdengar, terutama bagi para pemula yang baru pertama kali akan membuat website. Plus, bagi Anda yang sudah mengetahui dunia web hosting, Anda bisa membacanya kembali agar tidak salah tafsir. Berikut penjelasannya :

Hosting

Web hosting atau hosting adalah tempat untuk menyimpan file dengan teks, gambar, audio dan video yang nantinya dapat diakses oleh pengguna internet melalui website. Hosting memiliki banyak jenis yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk mendapatkan harga hosting termurah, bisa langsung hubungi hostnic.id.

Hosting WordPress

WordPress Hosting adalah layanan hosting pribadi untuk pengguna WordPress. Fitur hebat adalah pengoptimalan mandiri untuk WordPress, hosting berbasis cloud, SSD ultra-cepat, dukungan untuk Cloudflare, HTTP2, SSL, API Litespeed, suite PHP gratis, kompresi gambar Brotli, dll. 

Cara memilih dedicated server

Shared Hosting 

Shared hosting adalah paket layanan hosting murah jika dibandingkan dengan yang lain. Shared hosting ibarat seperti kos-kosan bila ada kamar yang disewakan secara terpisah. Itu sebabnya shared hosting bisa sangat murah. Saat ini shared hosting adalah server yang digunakan oleh lebih dari satu pengguna.

VPS

VPS (Virtual Private Server) adalah layanan server pribadi yang menggunakan semua sumber daya server yang didedikasikan untuk satu pengguna, dan tidak digabungkan dengan pengguna lain. Ibarat sebuah rumah, Anda menyewa rumah sendiri dan tidak ada penyewa lain, sehingga Anda bebas mengatur apa yang ingin Anda gunakan di rumah tersebut.

Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah data yang dapat diakses di situs setiap bulan. Umumnya bandwidth ditawarkan dalam gigabyte, dan ada juga penyedia hosting yang menawarkan layanan bandwidth unlimited/tidak terjangkau kepada pengguna host. Untuk keamanan, Anda dapat memilih layanan web hosting dengan bandwidth tidak terbatas.

Addon Domain

Fitur hosting khusus yang memungkinkan Anda menambahkan lebih dari satu domain sekaligus. Jika Anda membutuhkan banyak website, pastikan hosting yang Anda beli memiliki domain tambahan yang tidak terbatas.

DNS

DNS (Domain Name Server) adalah fitur yang digunakan untuk mengubah alamat IP menjadi URL domain sebuah website. Tanpa menggunakan DNS, Anda akan kesulitan untuk memuat situs web Anda karena Anda harus menyimpan alamat IP situs web tersebut.

Parked Domain

Parked domain adalah fitur dalam hosting untuk menambahkan domain baru untuk mengakses domain utama sebuah website. Parked domain juga bisa redirect ke domain yang sudah ditambahkan dan dialihkan ke website utama, ini adalah fitur yang berguna saat Anda mengganti domain baru tanpa takut kehilangan pengunjung atau kebutuhan SEO

SSL

Secure Sockets Layer (SSL) atau Secure Sockets Layers adalah lapisan keamanan tambahan untuk melindungi situs web Anda dengan enkripsi data tingkat lanjut agar Anda tetap aman dari kejahatan dunia maya. Situs web yang sudah menggunakan SSL ditandai dengan logo kunci di URL dan menggunakan HTTPS.

CMS

Content Management System atau sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat situs web otomatis tanpa memerlukan keterampilan pemrograman. Anda hanya perlu menginstalnya di hosting Anda, situs web Anda akan siap secara otomatis. CMS yang populer di kalangan pengguna saat ini, seperti WordPress.

Data Center

Data center adalah fasilitas yang didalamnya terdapat server sebagai tempat penyimpanan semua file website pada jaringan komputer kelas atas. Di Indonesia saat ini, gedung data center biasanya berada di kota-kota besar dengan akses konektivitas yang cepat.

CPanel

cPanel adalah software di hosting dan server yang berfungsi untuk mengelola website. cPanel memiliki banyak aplikasi dan perangkat lunak yang berguna untuk membantu webmaster mengelola situs web mereka. Itulah beberapa istilah istilah dalam web hosting yang perlu dipahami terlebih dahulu, semoga bermanfaat !

Baca Juga:  Kelebihan dan kekurangan share hosting

Di tulis oleh: