Pengertian User Interface dan Kegunaannya

Pengertian User Interface – User Interface (UI) adalah titik di mana pengguna manusia berinteraksi dengan komputer, situs web, atau aplikasi. Tujuan dari UI yang efektif adalah untuk membuat pengalaman pengguna menjadi mudah dan intuitif, membutuhkan upaya minimal dari pihak pengguna untuk menerima hasil maksimal yang diinginkan.

UI dibuat dalam lapisan interaksi yang menarik bagi indera manusia (penglihatan, sentuhan, pendengaran, dan lainnya). Mereka termasuk kedua perangkat input seperti keyboard, mouse, trackpad, mikrofon, layar sentuh, pemindai sidik jari, e-pen dan kamera dan perangkat output seperti monitor, speaker dan printer.

Perangkat yang berinteraksi dengan banyak indera disebut “multimedia user interfaces“. Misalnya, UI sehari-hari menggunakan kombinasi input (keyboard dan mouse) dan output visual dan auditori (monitor dan speaker).

pengertian user interface

Jenis user interface dapat mencakup :

Form-based user interface : Digunakan untuk memasukkan data ke dalam program atau aplikasi dengan menawarkan pilihan pilihan yang terbatas. Misalnya, menu pengaturan pada perangkat berbasis formulir.

Graphical user interface : Input UI taktil dengan output UI visual (keyboard dan monitor).

Menu-driven user interface : UI yang menggunakan daftar pilihan untuk bernavigasi dalam program atau situs web. Misalnya, ATM menggunakan UI berbasis menu dan mudah digunakan oleh siapa saja.

Touch user interface : User Interface melalui haptics atau sentuhan. Sebagian besar ponsel cerdas, tablet, dan perangkat apa pun yang beroperasi menggunakan layar sentuh menggunakan input haptic.

Voice user interface : Interaksi antara manusia dan mesin menggunakan perintah pendengaran. Contohnya termasuk perangkat asisten virtual, talk-to-text, GPS, dan banyak lagi.

Mengapa User Interface Begitu Penting ?

User Interface penting untuk memenuhi harapan pengguna dan mendukung fungsionalitas efektif situs Anda. User Interface yang dijalankan dengan baik memfasilitasi interaksi yang efektif antara pengguna dan program, aplikasi, atau mesin melalui visual yang kontras, desain yang bersih, dan responsivitas. 

Saat mendesain UI untuk situs Anda, penting untuk mempertimbangkan harapan pengguna dalam hal aksesibilitas, estetika visual, dan kemudahan penggunaan. Perpaduan optimal antara visual yang efektif dan responsivitas yang efisien akan meningkatkan tingkat konversi situs Anda, karena mengantisipasi kebutuhan pengguna dan kemudian memenuhi kebutuhan tersebut.

Berikut merupakan elemen elemen User Interface :

Information architecture 

Fungsionalitas situs dibangun sesuai dengan IA. Penataan dan pengorganisasian konten situs web Anda dengan cara yang logis penting untuk membantu pengguna menavigasi situs dengan sedikit usaha. 

Komponen IA mencakup tiga jenis utama struktur organisasi: hierarkis (tingkat kepentingan), sekuensial (urutan langkah logis) dan matriks (di mana pengguna memilih organisasi konten yang mereka lihat).

Contoh: Elemen navigasi (tombol, tab, ikon), label (terminologi), fitur pencarian (bar pencarian) dan sistem organisasi (kategori)

Interactive design :  

Elemen ID bertujuan untuk mengubah pembaca pasif menjadi peserta aktif dengan menghadirkan contoh masukan pengguna. Mengingat pengguna saat membuat UI akan membantu meningkatkan interaktivitas dan pelaksanaan perilaku spesifik yang memenuhi kebutuhan pengguna. 

Selain itu, UI interaktif yang dirancang secara efisien dapat ‘belajar’ untuk mengantisipasi dan memperbaiki masalah apa pun yang mungkin muncul sebelum berdampak negatif pada pengalaman pengguna.

Contoh: Fitur berbagi sosial, sakelar, tombol.

Visual Design

Pentingnya nilai estetika situs Anda tidak dapat diremehkan. Desain yang efektif menggunakan elemen warna, kontras, font, video, dan foto untuk menarik pengunjung dan memudahkan mereka membaca dan bekerja dengan konten, bukan di sekitarnya, untuk menciptakan aliran fungsionalitas yang logis dan intuitif.

Contoh: Kontras, warna, ruang putih, tipografi, pengoptimalan seluler.

Itulah pengertian user interface dan kegunaannya, semoga bermanfaat !

Baca Juga:  Cara Menambahkan Favicon dengan Zyro Website Builder

Di tulis oleh: