Apa itu Bandwidth dan Fungsinya

Apa itu Bandwidth – Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara memilih hosting terbaik yang pas untuk website anda dimana salah satunya adalah memilih kapasitas bandwidth yang sangat penting bagi lalu lintas akses kunjungan ke sebuah website.

Lantas apa itu Bandwidth? Pengertian Bandwidth sendiri adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Hal ini menggambarkan batas akses yang dimiliki oleh masing-masing hosting dengan kapasitasnya sendiri. 

Spesifikasi Bandwidth yang diperlukan dalam sebuah website berbeda-beda tergantung dengan tinggi tidaknya jumlah trafik atau pengunjung dalam suatu website. Namun untuk website perusahaan tentu saja membutuhkan bandwidth unlimited alias tanpa batas agar terhindar dari website down saat trafik tinggi. 

Ada dua macam Bandwidth yang perlu diketahui yaitu :

1. Bandwidth Analog

Menghitung atau mengukur informasi atau data yang didapat oleh sebuah jaringan dalam waktu tertentu. Jenis bandwidth yang satu ini menghitung data dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik.

2. Bandwidth Digital

Memberikan informasi secara digital mengenai suatu kapasitas. Informasi atau Data itu bisa berupa kapasitas dalam sebuah saluran transmisi, baik menggunakan kabel maupun nirkabel, yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps).

Ada beberapa kegunaan Bandwidth seperti menjadi media mengirimkan data, Pembatas kecepatan transfer data serta  Pembatas besaran data yang dikirim. 

Baca Juga:  Sekilas Mengenal Tentang Virtual Private Server

Di tulis oleh: