CMS Adalah: Pengertian, Jenis-Jenis, beserta Manfaatnya

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia blogging atau membuat konten di blog, CMS adalah solusi tepat yang dapat memudahkan langkah awal Anda dalam mewujudkan ketertarikan tersebut. 

Pasalnya, hal pertama yang perlu Anda lakukan saat hendak menjadi blogger adalah mempersiapkan kanal website khusus untuk memposting konten-konten yang Anda ciptakan. 

Biasanya, proses pembuatan situs web sendiri memerlukan teknik pemrograman komplek yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga programmer handal. Namun, Anda tak perlu ribet lagi membuat situs web dengan teknik coding dengan menggunakan layanan CMS atau Content Management System

Apa itu Content Management System? Selengkapnya, silakan Anda simak penjelasan singkat pada ulasan artikel kali ini.

Pengertian CMS?

Content Management System atau CMS adalah sistem perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membangun, mengelola, dan memposting berbagai jenis konten dalam situs web. 

CMS ini dapat Anda gunakan untuk membangun berbagai macam website seperti blog, toko online, portal berita, e-learning, forum, company profile, landing page, dan sebagainya.

Pada dasarnya, sistem software ini akan memberikan layanan pembangunan website jadi tanpa perlu coding-coding lagi. Dengan kata lain, pengguna CMS dapat langsung menggunakan sistem website tersebut tanpa perlu membuatnya dari nol.

Selain itu, CMS juga menyediakan layanan tema antarmuka yang sangat beragam dan dapat Anda sesuaikan dengan identitas brand atau selera pemilik web.

Di samping itu, pengguna sistem software ini juga tetap bisa melakukan pengaturan tampilan, fitur, dan isi website sesuai kehendak masing-masing. Hal ini karena CMS berisikan berbagai jenis menu yang diperlukan untuk mengutak-atik situs web dengan mudah dan super praktis.

Baca Juga:  Tips Memilih Server Hosting Terbaik

Jenis-Jenis Content Management System

CMS adalah layanan pembangunan situs web praktis tanpa coding. Jika Anda belum familiar dengan sistem tersebut, berikut adalah contoh layanan Content Management System yang sangat sering digunakan oleh masyarakat secara global antara lain:

  • WordPress
  • Wix
  • Squarespace
  • Magento
  • Joomla!
  • Open Cart
  • Drupal
  • Dan lain-lain

Dari contoh di atas, Anda tentu sudah tak asing dengan istilah WordPress, bukan. Contoh-contoh CMS tersebut dapat menyediakan layanan pembangunan website secara gratis maupun berbayar dan siap untuk Anda gunakan.

Di samping itu, jenis-jenis sistem software umumnya ini terbagi menjadi dua macam yakni:

1. Hosted CMS

Pada dasarnya, sistem perangkat lunak ini tidak memerlukan proses instalasi ke web hosting. Bagi yang belum tahu apa itu web hosting, hosting merupakan layanan online yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data-data situs maupun aplikasi web.

2. Self-hosted CMS

Sementara itu, self-hosted CMS adalah sistem yang mengharuskan Anda untuk melakukan proses instalasi secara mandiri ke hosting. 

Namun, Anda tak perlu khawatir kebingungan menginstal self-hosted CMS ini karena sekarang kebanyakan penyedia layanan hosting telah memberikan kemudahan proses instalasi dan layanan konsultasi.

Manfaat Content Management System

Manfaat CMS secara umum adalah membantu pengguna dalam membangun sebuah situs web tanpa perlu teknik coding. Dengan begitu, siapapun dapat membuat dan mengelola website secara mandiri tanpa perlu pusing memahami bahasa pemrograman.

Selain itu, manfaat penggunaan layanan Content Management System yang lain yaitu:

  • Tak perlu melibatkan jasa developer atau web agency sehingga Anda dapat menghemat biaya pembangunan website
  • Memiliki banyak tema antarmuka yang menarik sehingga memudahkan proses kustomisasi tampilan web 
  • Memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai tool atau plugin khusus untuk meningkatkan kompleksitas fungsi website
  • Melayani penyediaan situs web dengan aman dan terlindung dari risiko  peretasan
  • Memudahkan proses pengelolaan web oleh banyak orang sesuai peran dan hak aksesnya
Baca Juga:  Membuat Website User Friendly

CMS adalah layanan pembangunan dan pengelolaan situs web dengan mudah dan praktis. Dalam proses pembangunan website, Anda perlu menggunakan web hosting terpercaya yang dapat mengelola data situs Anda dengan baik dan profesional.

Nah, untuk masalah hosting, serahkan saja pada penyedia layanan web hosting terbaik dari Hostnic. Disini, kami menyediakan Hosting Murah 100 ribuan dengan datacenter lokal Indonesia. Walaupun tergolong murah, namun produk hosting kami tetap mengutamakan kualitas. Mumpung masih ada promo, yuk jangan sia-sikan kesempatan. Selamat mencoba!


Di tulis oleh: