5 Rekomendasi Platform CMS Terbaik dan Terpopuler untuk Website Anda

Tahukah Anda bahwa saat ini ada lebih dari 64 juta website aktif yang menggunakan platform CMS terbaik. Dengan platform manajemen konten, Anda dapat membuat website dan mengelola konten tanpa harus membuat coding situs web dari awal. Namun, penggunaan platform yang salah dapat mempersulit proses pembuatan situs web Anda.

Maka dari itu, Anda perlu tahu rekomendasi platform manajemen konten berikut untuk membantu Anda dalam membangun website. Penasaran? Yuk, langsung simak artikel di bawah ini!

Apa Itu Platform CMS?

Platform CMS (Content Management System) adalah sebuah software yang memungkinkan Anda untuk mengelola konten dan membuat situs web dengan mudah. Biasanya, web page ditulis dalam bahasa pemrograman HTML, JavaScript, dan CSS. 

Jika Anda ingin membangun situs web tanpa platform manajemen konten, maka Anda perlu mempelajari bahasa-bahasa ini dan membuat coding. Namun, dengan menggunakan platform manajemen konten, membuat situs web pun jadi lebih mudah tanpa Anda harus menguasai skill pemrograman.

Rekomendasi Platform CMS Terbaik

Setelah memahami apa itu platform manajemen konten, yuk kenali beberapa rekomendasi platform CMS terbaik berikut ini:

1. WordPress.org (Platform CMS Terbaik dan Terpopuler)

Lebih dari 42% dari semua situs web menggunakan WordPress sehingga menjadikannya sebagai platform CMS terbaik dan terpopuler. WordPress adalah sebuah perangkat lunak open-source yang terkenal akan fleksibilitas dan skalabilitasnya. Selain itu, lebih dari 58.000 plugin WordPress mampu membantu pengguna membuat semua jenis situs web.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik, Wajib diinstall!

Dan lagi, biayanya cenderung lebih fleksibel untuk kebutuhan dan anggaran individu. WordPress.org juga relatif mudah untuk dikonfigurasikan dengan ribuan plugin dan kustomisasi tema. 

2. HubSpot CMS Hub (Platform Manajemen Konten All-in-One)

HubSpot CMS Hub adalah sistem manajemen konten terintegrasi yang dirancang khusus untuk marketer dan owner bisnis. Platform ini juga mencakup semua jenis otomatisasi pemasaran, penjualan, layanan, dan operation tools. Inilah yang membuat CMS Hub bisa menjadi solusi ideal untuk bisnis yang sedang berkembang serta perusahaan besar yang mencari sistem all-in-one untuk mengelola situs web mereka.

Platform CMS yang satu ini sangat mudah digunakan serta tidak memerlukan keterampilan teknis sama sekali. Itu karena platform ini didukung oleh sistem editor drag and drop, tools SEO bawaan, dan atribusi kontak yang memudahkan Anda untuk membuat dan mengoptimalkan konten web.

3. Joomla 

Joomla adalah salah satu platform manajemen konten open source gratis terpopuler yang hadir dengan banyak template dan ekstensi berbeda. Platform ini pertama kali dirilis pada tahun 2005 dan dikemas dengan beragam fitur yang lebih fleksibel. 

Namun, umumnya platform ini digunakan oleh pada developer dan pembuat situs web berpengalaman. Oleh sebab itulah, Joomla bukan bukan pilihan yang tepat untuk Anda yang masih sangat pemula.

4. Drupal 

Rekomendasi platform CMS terbaik selanjutnya adalah Drupal. Platform ini kerap digunakan beberapa situs web lembaga dan sejumlah situs universitas. Drupal bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin membangun situs web highly customized dan memiliki banyak data.

5. Bitrix24

Bitrix24 adalah salah satu tools bisnis yang menawarkan platform CMS bersama fitur lain seperti fitus pengelolaan task, proyek, komunikasi, dan interaksi dengan pelanggan Anda. Platform ini tersedia gratis serta menawarkan penyimpanan online hingga 5GB dan 12 akun pengguna yang sangat cocok untuk bisnis kecil – menengah. 

Baca Juga:  Keunggulan Plesk Hosting

Baca Juga : 5 Bahasa Pemrograman yang Populer yang Bisa Anda Coba

Sudahkah Anda Menggunakan CMS Terbaik untuk Website Anda?

Nah, itulah beberapa rekomendasi platform CMS terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membangun website Anda. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan fitur-fitur manajemen konten, pilih penyedia jasa hosting yang tepat, seperti Hostnic.id

Selain membantu Anda dalam mengembangkan operasional website, Hostnic.id juga memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari kualitas network yang stabil, tingkat keamanan tinggi, performa layanan yang cepat, hingga customer support 24 jam. So, tunggu apa lagi? Kunjungi websitenya sekarang juga!


Di tulis oleh: