WordPress Adalah Pilihan Tepat Untuk Membangun Website, Apa Manfaatnya?

Anda yang bergerak di bidang pembuatan konten pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wordpress. Untuk para content creator khususnya bidang penulisan konten atau juga marketing, wordpress adalah salah satu platform yang sangat penting untuk mendukung kegiatannya. Apa sih sebenarnya platform yang satu ini?

Apa itu WordPress?

Pada tahun 2004 seorang bernama Matt Mullenweg dan rekannya Mike Little meluncurkan sebuah platform content management system atau CMS yang kini bernama WordPress. CMS yang satu ini memiliki fungsi untuk membantu anda dalam pembuatan atau pengelolaan website tanpa harus melakukan pengkodingan.

Di dalamnya anda memiliki wewenang untuk melakukan penataan tampilan. Penambahan fitur-fitur yang anda butuhkan, serta menciptakan sebuah konten yang apik dengan mudah. Bahkan saking mudahnya, platform ini sangatlah bisa pemula kuasai dengan cepat. WordPress juga gratis untuk anda karena memiliki sifat yang open source.

WordPress.com atau WordPress.org, Apa Bedanya?

Saat ingin menggunakan platform ini kamu akan bisa memilih antara menggunakan veris WordPress.com dan WordPress.org. Apa beda antara keduanya?

Jadi, untuk WordPress.com sendiri merupakan sebuah layanan untuk menciptakan website dengan paket hosting dan domain. Ada yang gratis dan juga versi berbayar. Akan tetapi, saat anda menggunakannya akan ada beberapa batasan seperti fitur hingga resourcenya. Mungkin saja anda merasa tidak leluasa, maka coba untuk versi keduanya.

Versi kedua yang anda bisa pakai adalah WordPress.org. Untuk bisa menggunakannya anda harus mengunduhnya dan memasangnya pada perangkat. Khusus versi ini anda harus melakukan pembelian hosting dan domain terlebih dahulu.

Tentu saja, anda bisa memilih sesuai kebutuhan dari konten yang nanti ingin anda buat. Yang pasti, semuanya akan bermanfaat bagi perkembangan website yang akan anda kelola nantinya.

Baca Juga : WordPress vs Blogspot, Mana yang Lebih Baik?

Manfaat Menggunakan WordPress

Pastinya anda bertanya-tanya, apa saja manfaat dari platform yang satu ini? Berikut ini ada beberapa pengaplikasian dari WordPress yang bisa anda ketahui.

1. Pembuatan Portofolio

Jika anda memiliki banyak karya yang terpendam, maka tumpah saja ke website sebagai sebuah portofolio milikmu. Platform ini memberikan wadah untuk anda melakukannya.

Misalnya saja anda memiliki keinginan berkecimpung dalam bidang profesional seperti designer website, penulis, dan lainnya sebagainya. Maka platform yang satu ini amatlah cocok karena memberikan kemudahan dan sangatlah simpel.

Anda bisa menambahkan beberapa fitur yang mendukung. Contohnya saja galeri untuk tampilan yang akan para pengunjung lihat nantinya.

2. Website Toko Online

Anda memiliki produk yang ingin laku terjual? Di zaman ini berjualan dengan toko offline menjadi hal yang kurang efektif. Apalagi misalnya harus menyewa kios dan perlengkapannya, maka akan memakai banyak biaya.

Karena menggunakan platform website yang satu ini adalah solusi bagi usaha anda. Apalagi sekarang ini lebih banyak orang yang memilih untuk membeli barang-barang atau produk secara online. Anda juga bisa lebih bisa menjangkau banyak konsumen. Terlebih lagi metode pemasaran online lebih menghemat biaya.

3. Website Untuk Kanal Informasi

Blog adalah fungsi paling umum yang tersedia dalam platform yang satu ini. Pada awal pembentukannya mengusung fitur-fitur untuk blogging platform. Maka dari itu cocok untuk anda yang hendak membangun sebuah website yang tujuannya untuk kanal informasi atau berita.

Di dalamnya tidak hanya untuk memasukan teks dan gambar saja. Anda bisa memasukkan konten lain dari kanal platform dengan media yang beragam seperti Youtube. Dengan begitu kanal informasi atau berita yang ingin anda buat bisa ditentukan dengan lebih leluasa.

Yuk, Pakai WordPress Sekarang Juga!

Memilih WordPress adalah solusi paling tepat untuk segala urusan. Apalagi untuk Anda yang sedang membangun bisnis, WordPress sangat berguna sebagai platform berbisnis secara profesional. 

Nah, untuk memiliki website berkualitas, tentu yang harus Anda persiapkan adalah hosting. hostnic.id. dapat Anda jadikan referensi penyedia layanan hosting terbaik, dengan WordPress Hosting control panel berbasis plesk di lengkapi fitur WordPress Toolkit mempermudah dalam mengelola Hosting WordPress Anda. Harganya mulai dari 120 ribuan aja. Yuk, coba sekarang juga!


Di tulis oleh: