WordPress vs Blogspot? Mana yang Lebih Baik?

Bagi para blogger, mungkin sudah tidak asing lagi dengan dua platform blogging terbesar yang ada, WordPress vs Blogspot. Pertanyaan untuk kedua platform tersebut selalu sama, mana yang terbaik atau mana yang paling mudah penggunaanya?

WordPress vs Blogspot, Mana yang Terbaik?

Baik WordPress maupun blogspot, keduanya merupakan content management terbesar yang ada saat ini. Kedua platform ini juga berada di urutan 1 dan 2 untuk CMS yang paling banyak digunakan.

Berikut adalah perbandingan antara wordpress vs blogspot

1. Biaya

Hal penting yang menjadi pembeda antara wordpress vs blogspot adalah masalah biaya. Jika Anda menggunakan blogspot, maka Anda bisa membuat blog tanpa modal. Anda akan mendapatkan layanan gratis dari blogspot, termasuk untuk hosting, domain, dan juga tema. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan gratis penyimpanan mencapai 15 GB.

Jika Anda menggunakan WordPress, maka ada dua versi yang bisa Anda pilih. Yang pertama adalah versi gratis, tentunya dengan berbagai keterbatasan. Dan yang kedua adalah versi berbayar. Nantinya Anda perlu membayar untuk layanan, hosting, dan domain.

2. Kepemilikan Konten

Masalah kepemilikan konten juga perlu Anda ketahui ketika membandingkan WordPress vs Blogspot. Ketika Anda menggunakan WordPress versi berbayar maka blog dan isinya sepenuhnya milik Anda. Hal tersebut karena Anda sudah membayar biaya untuk berlangganan hosting dan layanan. Dengan kepemilikan penuh ini, artinya Anda bisa memodifikasi blog sesuai yang Anda butuhkan.

Dalam hal ini, maka Anda juga bisa mengubah tema yang ada, menambahkan atau mengurangi apa yang Anda perlukan, dan lainnya. Penyedia layanan tidak akan terlalu turut campur dalam urusan konten yang Anda buat.

Baca Juga:  Tips Memaksimalkan Website

Hal ini akan berbeda jika Anda menggunakan blogspot. Pada blogspot, aturan tentang kepemilikan konten ini agak sedikit berbeda. Yang mana, Anda bisa membuat blog sesuai yang Anda butuhkan. 

Namun Google sebagai penyedia layanan berhak untuk melakukan tindakan tertentu, bahkan tanpa persetujuan jika mereka rasa perlu. tindakan itu termasuk jika Google merasa perlu untuk menghapus blog yang Anda buat.

3. Kemudahan Penggunaan

Jika berbicara masalah kemudahan penggunaan, maka baik WordPress vs blogspot menerapkan standar yang berbeda. Pada level tertentu, maka blogspot ini lebih mudah. Tidak banyak settingan yang Anda perlukan. Untuk urusan akses dan penggunaan, blogspot memang jauh lebih simple.

Hal ini berbeda dengan WordPress yang memiliki banyak panel untuk pengaturan. Jika dilihat dari sisi ini, maka penggunaan WordPress jauh lebih rumit. Namun, satu hal yang perlu Anda pahami adalah semua settingan tersebut sangat berpengaruh dengan apa yang Anda butuhkan. Artinya, semua settingan tersebut juga akan sangat membantu kegiatan blogging Anda.

4. Kustomisasi

Jika berbicara WordPress vs blogspot, maka ini merupakan hal yang paling membedakan. Ketika Anda menggunakan blogspot, maka tidak banyak kustomisasi yang bisa Anda lakukan. Blogspot seolah memberikan tampilan default, sehingga Anda tidak perlu banyak melakukan perubahan.

Masalah ini tentu saja akan berbeda dengan WordPress. Platform yang satu ini memungkinkan Anda untuk melakukan modifikasi secara penuh. Ada banyak hal yang bisa Anda kustomisasi. Tidak terbatas hanya pada tema, namun juga dari sisi kecepatan, keamanan, analisis, optimasi, dan lainnya.

Baca Juga : Paket Hosting dan Domain Termurah Diskon Hingga 50%

Mana Platform Blogging Terbaik?

Dari semua penjelasan WordPress vs blogspot di atas, maka kedua platform ini memang memiliki peruntukannya sendiri. Untuk Anda yang tidak mau rumit dengan urusan settingan, maka blogspot merupakan pilihan yang pas. Tampilan blogspot yang sederhana juga sudah sangat cukup untuk kebutuhan blog standar.

Baca Juga:  Apa Itu Local SEO?

Sementara jika Anda memerlukan blog untuk kebutuhan khusus, yang mungkin lebih advanced, maka WordPress mungkin bisa Anda pilih. Platform yang satu ini bisa menjadi andalan Anda untuk kebutuhan blog tingkat lanjut. Dari sini, maka jika Anda mencari  mana yang lebih baik WordPress vs blogspot, maka hal itu akan tergantung kebutuhan Anda.

Nah, bagi Anda para pebisnis pastinya lebih baik menggunakan wordpress. Platform ini dinilai paling efektif karena dapat menambahkan fitur-fitur yang kompleks untuk menunjang kepentingan bisnis seperti SEO, dll. Untuk memiliki wordpress, Anda perlu memilih Web Hosting Murah dan berkualitas yang bisa didapatkan di Hostnic.id. Yuk, segera miliki website untuk mengembangkan bisnis Anda. Selamat mencoba!


Di tulis oleh: