Tips Perawatan Website Untuk Pemula

Perawatan Website  – Di artikel kali ini akan kami bagikan tips perawatan website untuk pemula. Sebagai seorang pemula sebagai pemilik sebuah website tentu kamu akan merasa kebingungan di awal. 

Lantas, muncul pertanyaan. Kenapa website perlu perawatan?

Jawabannya tentu saja perlu, sebab selain demi kesehatan website, merawat website juga akan berpengaruh pada reputasi website di Google. Website kamu juga akan terlihat aktif seperti halnya sosial media. Oke daripada berlama-lama, kita langsung saja ya.

1. Scan Virus Dari Cpanel Secara Berkala

Sebenarnya di beberapa hosting modern biasanya sudah dibekali dengan alat Virus Scanner. Kamu dapat menemukannya di Cpanel hosting website. Modal klik-klik saja, fitur tersebut akan men-scan virus di website milikmu dan juga dapat menghapus virus jika ditemukan. Lakukan hal ini setidaknya seminggu sekali.

2. Update atau Perbarui Plugin

Saat ada notifikasi update plugin, themes atau core wordpress sudah ada di dashboard website Anda, usahakan langsung klik perbarui saja. Karena Jika terlalu lama out of date (terlalu lama tidak diupdate), plugin dan themes bisa dianggap spam oleh hosting atau Google.

3. Tulis Artikel Seminggu Sekali

Usahakan untuk mengisi website dengan cara menulis artikel di website milikmu setiap minggunya. Tapi konten artikel harus yang original buatan sendiri yah, jangan sekali kali melakukan copy-paste dari website lain. Karena Website milikmu bisa saja langsung kena banned jika menjiplak artikel dari website lain. Usahakan juga jumlah kata dalam 1 artikel mencapai lebih dari 300 kata, gunakan foto non license jika perlu. Kemudian, instal plugin Yoast SEO agar dapat dibimbing untuk penulisan artikel yang sesuai aturan google.

4. Tidak Boleh Pakai Foto/Konten Ilegal

Hindari Penggunaan foto dari Google untuk keperluan konten di website. Hal Ini penting sebab website akan kena block dan tidak akan pernah lolos verifikasi Google Ads/AdWords untuk website yang hendak di pasang iklan tersebut. Usahakan gunakan foto original sendiri atau cari situs download stok foto gratis seperti Freepic, Stockunlimited dll

Baca Juga : Langkah Membuat Website Dari Nol Bagi Pemula

5. Hindari Instal Plugin Gratis

Kalau bisa jangan pernah instal plugin gratisan. Memang sih yang gratis itu menggiurkan tapi, jika kamu nekat Website kamu bisa saja terkena spam atau malware yang sangat berbahaya. Jadi, lebih baik jangan coba – coba yah.

6. Jangan Pernah Membuat Spam Backlink

Sebisa mungkin Hindari terlalu banyak meninggalkan link di kolom komentar website lain. Cara seperti itu sudah ketinggalan jaman alias kuno dan sangat dibenci oleh Google. Website milikmu akan dianggap spam dan bisa hilang dari Google selamanya. Bahaya kan?

Nah, itulah beberapa tips perawatan website untuk pemula. Memang tidak mudah bagi pemula untuk di awal, tapi dengan seiring berjalannya waktu pasti mahir juga benar kan?  

Selamat mencoba.


Di tulis oleh: