5 Bahasa Pemrograman yang Populer

Bagi seorang developer apalagi bagi yang setiap harinya membuat sebuah website, aplikasi dan software, bahasa pemrograman tentunya menjadi hal wajib untuk dikuasai mengingat betapa penting perannya guna membangun sebuah aplikasi/software tertentu. Bahasa pemrograman juga haruslah disesuaikan dengan keperluan dalam pembuatan sebuah aplikasi/software.    

Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang cukup populer dan sering digunakan oleh para developer IT. Berikut ini 5 Bahasa Pemrograman yang Populer :

1. Java

Bahasa pemrograman yang dikembangkan pada tahun 1991 dari The Green Project Sun Microsystem ini merupakan salah satu bahasa pemrograman khusus yang dijalankan pada berbagai macam jenis platform seperti perangkat mobile hingga perangkat komputer. 

Menjadi salah satu bahasa pemrograman populer didunia, Java memiliki banyak kelebihan. Selain digunakan sebagai bahasa pemrograman website, Java banyak dimanfaatkan untuk membuat aplikasi desktop maupun mobile.

2. Python

Bahasa pemrograman yang satu ini cukup populer, terbukti dengan digunakannya oleh beberapa perusahaan besar seperti Instagram, Google, Yahoo, YouTube hingga kabarnya NASA pun memakai bahasa pemrograman ini. Sama seperti Java, Python dapat digunakan untuk membangun aplikasi dari website maupun mobile. Python termasuk bahasa yang cukup mudah untuk dipelajari untuk para pemula yang baru mulai belajar pemrograman. 

Baca Juga : Remote Server : Pengertian dan Beberapa Contoh Aplikasinya

3. PHP

PHP atau hypertext preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang paling umum digunakan di Indonesia. Banyak yang memanfaatkan kelebihan dari PHP untuk membangun sebuah website yang dinamis. Maka tak heran jika bahasa pemrograman ini banyak digunakan oleh website populer seperti Facebook, Digg dan WordPress.   

4. Javascript

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan para developer bahkan hampir semua developer mengenal Javascript. Maka tak heran jika ada yang menyebutnya sebagai “Bapak” dari bahasa pemrograman. Manfaat dari penggunaan JavaScript adalah mampu membuat website menarik sekaligus interaktif. 

5. C

Bahasa pemrograman C merupakan bahasa pemrograman tertua. Bahasa yang mulai dikembangkan sejak tahun 70an dan dibuat oleh Dennis Ritchie ini merupakan Bahasa C yang dianggap sebagai bapaknya dari bahasa pemrograman lain.  Hal ini karena bahasa ini menjadi dasar dari pengembangan bahasa komputer lainnya.

Baca Juga:  Widget Wajib Agar Diterima Adsense

Di tulis oleh: