Remote Server : Pengertian dan Beberapa Contoh Aplikasinya

Sudah beberapa artikel yang membahas tentang server, baik dari pengertian, kegunaan hingga jenis – jenis server yang cukup beragam. Memang dunia server itu cukup luas dan menarik untuk digali lebih jauh, khususnya bagi Anda yang memang tertarik atau Anda yang bidang pekerjaannya berada di sekitar sini.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang Remote Server dari mulai pengertian hingga fungsinya yang perlu untuk Anda ketahui. Dari namanya saja, mungkin beberapa orang sudah bisa meneliti apa sih manfaat atau fungsinya. Namun, biar lebih jelas, mari kita ulas tentang Remote Server.

Pengertian 

Seperti namanya remote server adalah server yang dapat mengakses secara jarak jauh atau dari lokasi berbeda. Sehingga user yang berada di jaringan LAN berbeda bisa tetap masuk dan mengakses ke sistem server. Agar bisa mengaksesnya, user harus tahu IP server, username dan password untuk login. 

Salah satu aplikasi atau software jenis remote server ini adalah TeamViewer. Kalau Anda ingin membaca lebih lengkapnya, silahkan kunjungi halaman berikut Fungsi Teamviewer dan Cara Kerjanya. 

Selain TeamViewer terdapat beberapa aplikasi lain seperti dibawah ini :

  • Windows Remote Desktop 

Windows menyediakan aplikasi remote bagi para penggunanya. Untuk bisa menggunakannya, Anda tidak perlu melakukan proses download atau instal karena aplikasi ini sudah tersedia secara default. Beragam kemudahan akan Anda temui pada aplikasi ini seperti Penggunaannya, Memiliki fitur chatting dan video call untuk berkomunikasi, Server yang dapat memanipulasi data komputer client dan Keamanannya yang terjamin karena client tidak bisa memanipulasi data.  

  • Remote Utilities 

Jika Anda membutuhkan sistem remote server yang bisa mengakses ke beberapa komputer sekaligus, Remote Utilities bisa menjadi solusinya. Remote Utilities bisa memungkinkan Anda terhubung atau mengakses dengan 10 komputer sekaligus. Penggunaannya juga terhitung mudah tanpa harus instal terlebih dahulu.

  • Ammyy Admin
Baca Juga:  Google Voice Search Untuk Optimasi Website

Ammyy Admin adalah jenis aplikasi komputer yang bisa dibilang paling portable karena pengaturannya yang paling sederhana diantara yang lain. Aplikasi ini bisa digunakan dengan cara memasukan ID yang telah disediakan oleh aplikasi agar antara komputer satu dengan lainnya dapat terhubung.


Di tulis oleh: