Fungsi Teamviewer dan Cara Kerjanya

Salah satu aplikasi atau software yang belakangan sering digunakan secara remote control jarak jauh adalah Teamviewer. Teamviewer merupakan software yang memungkinkan seseorang untuk mengakses sebuah komputer dari jarak jauh dengan tujuan tertentu. Biasanya yang menggunakan aplikasi ini adalah perusahaan yang ingin terhubung misal dengan perusahaan cabangnya tanpa harus datang secara langsung.

Untuk menggunakannya hanya diperlukan koneksi internet serta ID pengguna agar bisa saling terhubung dan melakukan sesuatu sesuai tujuannya. Berikut ini adalah penjelasan dari fungsi serta cara kerja dari software Teamviewer.

Fungsi Teamviewer 

1. Sebagai remote control

Fungsi pertama tentu saja untuk melakukan remote control jarak jauh. Hal ini berarti seseorang bisa mengontrol atau mengendalikan sebuah komputer tanpa harus berada ditempat dengan cara mengaktifkan software Teamviewer. Kebutuhan akan remote control jarak jauh ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang membutuhkan bantuan pihak lain, pada kasus ini banyak ditemui belakangan contohnya pada karyawan yang sedang melakukan pekerjaan secara Work From Home (WFH).

Agar bisa mengaksesnya, orang tersebut harus mengetahui ID dan passwords komputer yang hendak di remote karena biasanya ID maupun passwords akan berubah setiap kali komputer serta Teamviewer diaktifkan.

2. Sebagai Media transfer file 

Setelah memasukan ID serta Password untuk mengaktifkan Teamviewer, maka Anda sudah dapat terkoneksi dengan baik dan bisa melakukan transfer file dalam bentuk apapun pada komputer yang juga telah terkoneksi dan aktif Teamviewernya.

3. Sebagai Media Untuk Meeting

Bukan hanya sebagai remote control jarak jauh, namun menggunakan Teamviewer juga bisa digunakan sebagai media untuk melakukan meeting. Aktivitas meeting atau pertemuan ini bisa dilakukan dengan sesama karyawan maupun calon klien perusahaan. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, maka aktivitas meeting dengan menggunakan Teamviewer tentunya akan sangat membantu.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pendukung meeting seperti fitur untuk mengundang pengguna Teamviewer lain kurang lebih 20 client. Caranya, tinggal mengaktifkan ID pertemuan yang dibagikan oleh pihak server maka meeting akan berjalan.

Cara Kerja Teamviewer

  • Pastikan komputer telah terkoneksi pada jaringan  internet dengan baik
  • Masukan ID dan Passwords komputer yang hendak di remote control jarak jauh
  • Akan muncul 3 pilihan yakni Remote Support (untuk melakukan remote control terhadap pengguna lain), File Transfer (media pengiriman file ke pengguna Teamviewer lain), dan Presentation (mengadakan pertemuan atau meeting).
  • Untuk memulai koneksi, Anda harus memasukkan ID dan password Teamviewer dari komputer yang dituju lalu tekan atau klik “Connect To Partner” untuk memulai koneksi.
Baca Juga:  8 CMS Terbaik 2018 untuk Membuat Website

Di tulis oleh: