Pentingkah Autentikasi Dua Faktor?

Penggunaan kata sandi yang kuat pada sebuah sistem menjadi semakin diperlukan mengingat banyaknya data-data penting yang tersimpan di dalamnya. Peretas memiliki banyak metode atau trik untuk mencuri kata sandi seperti dengan serangan brute force.

Jika kata sandi kalian berhasil dicuri, maka informasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh peretas untuk berbagai hal yaitu:

  1. Mengakses akun pribadi.
  2. Menjual credential yang diperoleh kepada pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
  3. Menyamar sebagai pemilik akun untuk menyebarkan konten penipuan atau info palsu.
    dan lain-lain.
  4. Sebagai pemilik akun, tentu Anda tidak ingin kejadian di atas menimpa Anda. Oleh karenanya sebuah sistem perlu dilindungi dengan kata sandi yang kuat. Meskipun dianggap masih kurang kuat karena masih terdapat beberapa fakta yang diperoleh dari www.entrepreneur.com yang menggambarkan bahwa tindakan pengamanan ini masih rentan terhadap serangan cyber.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda memerlukan autentikasi dua faktor:

  1. 90 % kata sandi dapat diretas dalam waktu kurang dari enam jam.
  2. Cyber hacker sudah semakin canggih dan memiliki kemampuan untuk menguji miliaran kata sandi setiap detik.
  3. Sekitar 65 % user masih menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun.

Melihat penggunaan kata sandi yang masih rentan untuk diretas, maka diperlukan lapisan tambahan untuk melindungi akunmu. Setelah memasukkan kata sandi dan username untuk sebuah akun, masih harus diminta untuk memasukkan kode unik yang sudah dikirim melalui SMS, email, atau push notification. Dengan autentikasi dua faktor ini maka proses login akan menjadi jauh lebih aman.

Selain itu, untuk meningkatkan keamanan data pribadi, kalian harus selalu memastikan bahwa aplikasi atau web yang Anda akses memiliki sistem keamanan yang baik. Jangan sampai sistem yang Anda pakai memiliki celah keamanan yang memudahkan hacker untuk masuk ke dalamnya.


Di tulis oleh: