Panduan Webuzo Webmail Lite Sebagai Alternatif Selain Dari SquirrelMail

Ketika anda akan membuat email pada VPS panel Webuzo anda, maka biasanya anda bisa langsung login menuju ke SquirrelMail. Akan tetapi, untuk sebagian pengguna vps panel webuzo, tidak semuanya nyaman dengan tampilan interface dari SquirrelMail ini. Maka dari itu, kami merekomendasi kan WebMail Lite sebagai alternatif selain dari SquirrelMail.

Instalasi WebMail Lite

WebMail Lite adalah salah satu alternatif untuk email server yang ada pada panel VPS Webuzo. Tampilan user interfacenya lebih ramah atau user friendly dari pada email server seperti SquirrelMail.

  • Langkah pertama untuk melakukan installasi WebMail Lite sebenarnya cukup mudah, anda hanya tinggal login ke panel VPS Webuzo anda saja (ipvpsanda:2002, misalnya saja : http://186.67.220.208:2002).
  • Selanjutnya anda tinggal search saja WebMail Lite di bar search panel VPS Webuzo anda dan klik mneu WebMail Lite bisanya ada dibawah menu Mail.
  • Dilangkah ini anda hanya tinggal Klik Install Now saja.
  • Selanjutnya, anda hanya tinggal isikan seluruh informasi yang diperlukan pada kolom yang tersedia, ikuti pengisiannya seperti dibawah ini :

Choose Protocol : biarkan default http://

Choose Domain : pilih domain untuk email anda nanti yang tersedia disana

In Directory : Webmail

Connection Protocol : IMAP4

Server Address : Pastikan diganti ke localhost

Port : 143

Use SSL :  Pastikan Off

Site Name : default My Webmail (anda bisa ganti sesuai yang anda inginkan)

Select Language : Pilih sesuai yang anda inginkan

Admin Username : Isi sesuai yang anda inginkan

Password : isi sesuai yang anda inginkan

  • Tinggal klik install
  • Jika alamat domain anda berhasil terpointing ke server anda, maka anda bisa melakukan ligin ke IP VPS anda, misalnya : http://186.67.220.208/webmail

Note : Jika anda tidak bisa melakukan login ke Webmail Lite anda, pastikan kembali apakah dove-cot sudah terpasang atau belum di panel vps webuzo anda.

Cara Install Dovecot

Anda pastikan terlebih dahulu Dovecot sudah terpasang atau belum di panel VPS Webuzo anda, cara memastikan nya anda bisa langsung login ke Webmail Litenya.

  • Pada bar search di panel webuzo anda cari Dovecot
  • Selanjutnya anda klik install untuk memulai instal Dovecot jika memang belum di instal.

Nah, itu sedikit panduan untuk membuat email server pada panel VPS Webuzo, jika artikel ini membantu bisa di share ya.


Di tulis oleh: