Mari Berkenalan Dengan Fitur Fitur Pada Cms WordPress

Fitur Fitur Pada Cms WordPress – Sebagian dari kita pasti sudah tahu tentang WordPress, salah satu CMS yang cukup terkenal khususnya di kalangan blogger. WordPress menjadi salah satu CMS Web terbanyak yang digunakan oleh beberapa blogger tanah air karena penggunaannya yang mudah dan praktis.

Buat kamu yang masih pemula, Dibawah ini adalah sedikit keterangan mengenai sejumlah fitur umum yang seringkali dipakai dalam WordPress.

1. Post

Post adalah salah satu  fitur penting dan harus kamu ketahui. Karena, disini tempatnya kamu untuk menulis artikel yang akan di publish . Oleh sebab itu, kamu harus tahu apa kegunaan fitur ini. Dalam fitur ini terdapat banyak sub, diantaranya seperti;

  • All post, berfungsi untuk mempermudah dalam melihat semua artikel yang sudah kamu buat dan kamu publikasi.
  • Add-new, berfungsi untuk membuat artikel baru. Disini kamu bisa membuat, dan merangkai sebuah artikel baru yang ingin kamu publish.
  • Categories, berfungsi untuk  mengelompokan postingan. Kamu bisa memberikan tambahan kelompok categories baru yang sesuai dengan tema postingan.
  • Tags, berfungsi sebagai tempat semua tags yang berada di postinganmu. Fungsi penambahan tags sendiri bermanfaat untuk meluaskan atau menjaring kata kunci dari kata kunci utama yang telah kamu set pada artikel.

2. Pages

Fitur pages (halaman) memiliki fungsi sebagai pengaturan halaman website. Melalui fitur pages ini, kamu bisa membuat beberapa halaman website seperti Home, About Us, situs Contact (Kontak), privasi kebijakan, serta beberapa halaman yang lain. Kamu juga bisa dengan mudah mengatur bagaimana tampilan per halaman di websitemu.

Baca Juga:  Apa Itu Domain ? Pengertian Domain Untuk Pemula

3. Plugins

Berikutnya adalah Fitur Plugins yang berfungsi sebagai tempat untuk mengendalikan semua plugins yang ada. Disini kamu bisa aktifkan plugin hingga menambahkan plugin – plugin yang digunakan untuk mendukung web WordPress milikmu. 

4. Themes

Fitur Themes ini berada dalam menu ‘Appearance’. Fitur Themes berperan untuk pemilihan tema atau template yang ingin kamu gunakan sebagai tampilan website. Dalam feature in, kamu bisa merubah tampilan atau tema website dan memilih tampilan mana yang sesuai dengan tema websitemu. WordPress memiliki banyak sekali template website gratis yang bisa kamu pilih namun jika kamu sudah memiliki desain tampilan sendiri, kamu bisa menguploadnya ke dalam website.

5. Widgets

Fitur ini umumnya digunakan untuk memberikan tambahan beberapa navigasi serta aksesoris website di bagian header, sidebar, atau footer. Contoh di fitur ini, kamu bisa memberikan tambahan popular post di bagian sidebar web, disamping itu kamu juga bisa menambahkan artikel terbaru, iklan, serta javascript-javascript yang lain yang akan tampil di bagian spesifik. 

Baca Juga : Langkah Membuat Website Dari Nol Bagi Pemula

6. Settings

Fungsi fitur ini cukup penting untuk dipahami buat pemula yang baru menggunakan WordPress. Dalam Settings ini banyak berisi beberapa hal yang diperlukan untuk mengendalikan operasional WordPress, mengendalikan operasional socketins, serta ada banyak lagi hal yang lain.

7. Media Section

Fitur ini berfungsi untuk melihat seluruh gambar yang ada dalam WordPress. Disini,  kamu bisa memberikan tambahan, mengubah, serta meniadakan gambar spesifik.

8. Permalink

Apa sih permalink itu? Permalink ini berarti permanen link, yang merupakan URL terarah pada website atau kelompok spesifik. Ini adalah Salah satu keunggulan wordpress, kita dapat dengan bebas mengendalikan bagaimana semestinya penampilan permalink. 

Baca Juga:  Begini Cara Perbaiki Google Quality Score Adwords

9. Comments

Fitur Comments ini berisi semua komentar dari pengunjung di website kamu. Dengan fitur ini, kamu bisa mengendalikan berbagai tanggapan atau komentar yang masuk. Kamu juga bisa mengatur apakah komentar mau dimunculkan ke publik  atau tidak. 

Demikian bahasan kami tentang Fitur Fitur Pada Cms WordPress yang perlu untuk kamu ketahui. Semoga bermanfaat!


Di tulis oleh: