Faktor-faktor Iklan Muncul di Pencarian

1. Relevansi Landing Page

Kriteria ini menilai seberapa relevan landing page kalian dengan iklan yang di iklankan. Semakin relevan landing page dengan isi iklan, semakin tinggi nilai. Jangan sampai iklan yang kalian tampilkan mengarah pada landing page yang isinya jauh berbeda dari isi iklan. Isi iklan dan landing page yang tidak sesuai akan merusak pengalaman pelanggan dan menyebabkan bounce rate yang tinggi. Bounce rate yang tinggi dinilai Google sebagai indikasi ketidaksesuaian isi iklan dengan konten landing page.

2. Perkiraan CTR (Click Through Rate)

Expected click-through-ratio (CTR) atau perkiraan orang akan membuka iklan. Semakin menarik iklan yang kalian buat semakin tinggi CTR-nya. Semakin tinggi CTR, semakin tinggi pula peluang iklan kalian untuk ditampilkan.

3. Relevansi Keyword

Kriteria terakhir adalah relevansi keyword. Ketika membuat iklan, selalu sesuaikan dengan keyword yang kalian targetkan. Google memberikan peluang lebih besar kepada iklan yang lebih sesuai dengan keyword yang dicari pelanggan.

Ketiga kriteria ini akan dinilai oleh Google dengan nilai maksimal 10 per 10. Poin tertinggi di Google Quality Score adalah 10 dan terendah adalah 1. Semakin tinggi poin Google Quality Scoremu, semakin tinggi pula kemungkinan kalian untuk memenangkan persaingan di paid search Google.

Selain menentukan posisi iklan kalian, Google Quality Score juga menentukan biaya iklan. Semakin tinggi Google Quality Score, semakin rendah biaya per click yang harus kalian bayarkan. Jadi fokuslah pada Google Quality Score yang baik. Nah, cek artikel selanjutnya untuk tahu apa itu Google Quality Score.


Di tulis oleh: