Inilah Rekomendasi 3 Plugin Backup WordPress 

Bagi sebuah website, backup tentu sangatlah diperlukan dan tentu saja menjadi hal yang penting. Pada WordPress terdapat banyak macam dan fungsi dari plugin untuk berbagai keperluan. Salah satu yang paling penting adalah plugin  untuk melakukan proses backup. 

Melakukan proses backup adalah hal wajib yang memiliki layanan website. Tujuan dari backup itu sendiri adalah untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Misal seperti terkena hack, virus, atau terjadi masalah saat hendak melakukan update pada tema ataupun plugin yang lain.

Ada beberapa plugin WordPress terbaik untuk  backup, diantaranya adalah sebagai berikut :

Rekomendasi 5 Plugin Backup WordPress

1. BackupBuddy

BackupBuddy adalah  plugin backup yang sudah ada di WordPress sejak tahun 2010,  cukup lama yah. Selama itu pula, BackupBuddy sudah mengamankan sekitar lebih dari 1,5 juta pengguna WordPress.

Menggunakan plugin ini cukup mudah, tinggal melakukan beberapa klik saja untuk memproses backup dapat berjalan secara otomatis. Apalagi, proses backup ini dilakukan secara penuh, sehingga semua database dan file dapat langsung terbackup.

Selain itu, Anda juga bisa mengarahkan file backup ke lokasi lain serta melakukan restore WordPress dengan cukup mudah. Anda juga bisa melakukan backup terjadwal sehingga tidak perlu memproses secara manual ketika melakukan backup.

2. BlogVault

BlogVault merupakan salah satu plugin backup WordPress yang cukup populer. Plugin yang satu ini lebih dikenal sebagai  solusi Software as a Service (SaaS) daripada layanan plugin WordPress. Hal ini lantaran Proses backup yang dilakukan oleh BlogVault dikerjakan di BlogVault server nya sehingga proses backup tidak terlalu membebani server web hosting. 

Selain itu, plugin ini bisa dengan mudah dapat melakukan recover website dengan mudah. Anda dapat menyimpan 90 hari file backup sehingga Anda bisa melakukan recover situs ketika terjadi permasalahan secara tidak sengaja.

3. BoldGrid Backup

Plugin ini dapat digunakan untuk melakukan proses backup serta melakukan restore ketika terjadi crash pada website. Sama seperti plugin yang sebelumnya, plugin ini bisa diatur untuk melaksanakan perintah backup secara otomatis atau melakukan backup secara manual dan dapat dengan mudah memindahkannya ke web hosting lain.

BoldGrid Backup juga memiliki fitur yang bagus yakni proteksi kesalahan. Fitur proteksi berfungsi pada saat proses update gagal atau terjadi masalah, website akan secara otomatis kembali ke versi terakhir sebelum diupdate.

Baca Juga:  Definisi Litespeed Web Server

Di tulis oleh: