Sejarah Javascript : Mari Berkenalan Dengan Javascript 

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang 5 Bahasa Pemrograman yang Populer dimana disana diuraikan tentang macam-macam bahasa pemrograman beserta penjelasannya. Nah, pada artikel kali ini, kita akan berkenalan dengan salah satu bahasa pemrograman Javascript beserta sejarah Javascript yang perlu untuk Anda ketahui. 

Bagi sebagian orang yang sudah berkecimpung didunia programmer pastilah sudah mengenal Javascript, akan tetapi bagi yang masih awam tentu masih bingung tentang Javascript. Oleh karena itu, mari kita berkenalan dengan Javascript.

Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup terkenal dan banyak digunakan. Salah satu fungsinya dalam pembuatan website yaitu dapat mengembangan website agar lebih terlihat dinamis dan interaktif. 

Sejarah Javascript

Dalam sejarahnya, Javascript dikembangkan oleh Brendan Eich, seorang karyawan Netscape pada tahun 1995.  Sebelum bernama resmi Javascript, pada mulanya bahasa pemrograman ini bernama Mocha kemudian berubah menjadi Mona, lalu LiveScript sebelum akhirnya resmi menjadi JavaScript.Versi pertama dari Javascript pada awalnya digunakan secara terbatas dikalangan Netscape dengan fungsionalitas yang terbatas.Tapi pada akhirnya bahasa pemrograman ini bisa terus berkembang sampai seperti sekarang lantaran dikembangkan oleh komunitas developer yang selalu menggunakannya. 

JavaScript secara resmi menjadi ECMAScript pada tahun 1996. Kemudian pada tahun 1998 rilis ECMAScript 2 dan disusul ECMAScript 3 pada tahun 1999. ECMAScript terus dikembangkan hingga akhirnya menjadi JavaScript. Javascript terus dikembangkan sejak saat itu sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang hingga pada akhir tahun 2016 sebanyak 92% website menggunakan Javascript. 

Terdapat banyak kelebihan JavaScript yang membuatnya banyak peminat seperti Mudah dipelajari, lebih cepat dan ringan dari bahasa pemrograman lainnya, bisa berfungsi di berbagai browser, platform, dan lain sebagainya. Selain itu, masih banyak kelebihannya yang membuat bahasa pemrograman ini digunakan oleh banyak orang. 

Baca Juga:  5 Plugin Under Construction wordpress yang bagus untuk Website

Di tulis oleh: