Testing Tools dengan Selenium

Testing tools atau alat pengujian adalah perangkat yang penting untuk menguji aplikasi sebelum dirilis kepada pengguna serta untuk mengetahui kecepatan dan kesalahan-kesalahan pada aplikasi yang baru dibuat.

Selenium adalah salah satu testing tool yang sangat populer dalam otomatisasi pengujian. Testing tool ini dapat dikatakan sebagai testing tool tertua dan telah dikembangkan sejak tahun 2014. Selenium merupakan testing tool yang ideal untuk digunakan dalam pengujian yang sering.

Selenium juga memiliki Selenium Webdriver, sebuah framework untuk melakukan otomatisasi web dan dapat digunakan untuk menjalankan uji otomatisasi regresi berbasis browser yang andal.

Banyak pengembang web lebih memilih Selenium karena alat ini kompatibel dengan berbagai bahasa pemrograman dan dapat diintegrasikan dengan kerangka pengujian. Selenium mendukung berbagai OS populer (Windows, macOS, Linux) dan browser (Chrome, Firefox, Safari) untuk pengujian lintas lingkungan.

Selenium pun bersifat open–source dan dapat dengan mudah diintegrasikan dengan alat dan framework lain. Namun, Selenium juga memiliki kekurangan yaitu ketika mengintegrasikan Selenium dengan alat lain di pipeline CI / CD, Anda harus memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis tertentu.

Baca Juga:  Kenali Beberapa Fungsi URL

Di tulis oleh: