Perbedaan Oracle dan MySQL Database

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Database Mysql serta Mengenal Database Oracle Serta Fungsinya. Kali ini, kita akan membahas tentang perbedaan Oracle dan Mysql yang perlu untuk diketahui. Seperti yang kita tahu bahwa keduanya merupakan jenis database yang sering digunakan dan menjadi database yang cukup populer saat ini. 

Membandingkan keduanya, tentu akan ada nilai point plusnya. Tergantung dari yang mana yang memang benar-benar Anda butuhkan. Mari kita kupas mengenai perbedaan antara keduanya :

Perbedaan Oracle dan MySQL

Database Oracle

Oracle adalah salah satu jenis database yang paling populer di dunia. Namun, jenis ini lebih cocok untuk digunakan oleh perusahaan atau yang memiliki jumlah data yang cukup besar dan komplek. Sehingga untuk website personal atau yang memiliki kebutuhan kapasitas data sedikit masih bisa menggunakan jenis database yang lain. Oracle harus menggunakan lisensi atau berbayar sehingga untuk penggunaannya Anda perlu mengeluarkan biaya. 

Bukan hanya harganya yang lumayan mahal, namun Anda juga harus menggunakan spesifikasi hardware cukup tinggi untuk bisa menggunakan Oracle Database. Hal ini bertujuan untuk mendukung kinerja database agar semakin lancar saat sedang bekerja.

Database MySQL

MySQL adalah salah satu sistem manajemen database(manajemen basis data) yang bisa digunakan untuk mengolah serta mengelola data dalam sebuah website menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language). Model database ini dapat digunakan baik oleh perorangan maupun perusahaan. Kebalikan dari Oracle, Anda dapat menggunakan MySQL dengan cukup mudah dan tak perlu membayar alias gratis karena untuk menggunakannya Anda tidak memerlukan lisensi apapun.

Baca Juga:  Berkenalan Dengan Database Postgresql : Pengertian serta fiturnya 

Di tulis oleh: