Mengenal MySQL Serta Fungsinya Untuk Website

Bagi yang masih pemula dalam bidang website tentu masih asing dengan MySQL atau pernah mendengar namun tidak tahu fungsinya buat apa untuk website? Pada artikel kali ini, kita akan berkenalan dengan apa itu MySQL serta fungsinya dalam mendukung website yang kamu miliki.

Dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu. MySQL adalah salah satu sistem manajemen database(manajemen basis data) yang bisa digunakan untuk mengolah serta mengelola data dalam sebuah website menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language)

Seperti yang kita tahu bahwa dalam sebuah website perlu adanya sistem database agar terkelola dengan baik. Kabar baiknya, MySQL ini merupakan database server yang gratis alias free dengan lisensi GNU General Public License (GPL) sehingga dapat dipakai untuk keperluan pribadi atau komersil tanpa harus membayar lisensi.

Kelebihan MySQL

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa mendukung website mu seperti Integrasi antara bahasa pemrograman, Tidak perlu RAM besar, Bersifat Open Source, Mendukung berbagai macam data dan sistem keamanannya yang terjamin. 

Kekurangan MySQL

Selain kelebihan juga terdapat beberapa kekurangannya seperti Sulit mengelola database dengan jumlah besar, Kurang cocok jika dipakai pada aplikasi game dan perangkat mobile hingga technical support yang dianggap kurang bagus mengingat sifatnya yang open source sehingga pengguna kesulitan pada pengaduan saat mengalami masalah dengan pengoperasiannya.

Namun terlepas dari kekurangannya, MySQL memang diciptakan dengan tujuan untuk bisa membantu dan sesuai dengan perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah. Apalagi dengan penggunaanya yang gratis tanpa lisensi namun dengan kelebihan yang memadai sangat cocok untuk digunakan bagi yang membutuhkan database dan bisa cukup membantu dalam pengelolaan sistem database website yang kamu miliki.


Di tulis oleh: