Apa Sih Perbedaan SQL dan MYSQL?

Seperti kata pepatah serupa namun tak sama, mungkin pepatah itu akan cocok untuk pembahasan kali ini. Nama yang hampir sama lantas apa fungsi dan cara kerjanya juga sama? Mari kita cari tahu bersama.

MySQL dan SQL Server mempunyai fungsi yang sama meskipun dari cara menggunakan dan tujuan terdapat perbedaan. MySQL dan SQL Server menjalankan perintah yang berbeda, namun pada dasarnya menganut SQL atau Structured Query Language.  

Perbedaan MySQL dan SQL Server

Pengertian MySQL

MySQL adalah model database yang bisa digunakan baik oleh perorangan maupun perusahaan. Menggunakannya cukup mudah dan free alias gratis karena tidak memerlukan lisensi dalam penggunaannya. 

MySQL Support dengan bahasa pemrograman seperti C, C#, C++, Delphi, Haskell, Java, JavaScript, Perl, PHP, Python,Ruby dan lainnya. 

Pengertian SQL Server

SQL adalah database yang lebih dulu ada sebelum adanya MySQL. Nama lainnya yaitu Microsoft SQL Server. Sistem yang dikembangkan pada tahun 80 an ini menjadi RDBMS yang handal dan scalable.  

Beberapa Perbedaan SQL dan MySQL antara lain :

1. Environment

SQL Server dijalankan bersama-sama dengan .NET, sementara MySQL bisa dipasangkan dengan bahasa pemrograman lain seperti  PHP.

2. Syntax 

Salah satu perbedaan yang paling mendasar bagi pengguna terletak pada syntaxnya. Hal ini dapat menentukan apakah MySQL atau SQL Server yang cocok untuk Anda gunakan.

Baca Juga : Mengenal MySQL Serta Fungsinya Untuk Website

3. Mesin penyimpanan

Dari cara kedua sistem ini menyimpan data terdapat perbedaan. SQL Server menggunakan single storage engine yang dikembangkan oleh Microsoft. Sementara MySQL menggunakan multiple engines.

4. Keamanan 

Masalah keamanan perbedaan antara SQL dan MySQL tidak begitu terlihat jelas. Keduanya sama-sama EC2 compliant sehingga tidak menjadi masalah bagi Anda untuk memilih SQL Server atau MySQL.

5. Harga

Dari sini terdapat perbedaan dimana MySQL bisa Anda gunakan dengan memanfaatkan GNU General Public Licence yang benar-benar gratis. Sementara untuk bisa menggunakan SQL Server, Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

Itulah beberapa Perbedaan MySQL dan SQL Server yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga artikel ini bisa membantu Anda!

Baca Juga:  Perbedaan Oracle dan MySQL Database

Di tulis oleh: