Mengenal Database Oracle Serta Fungsinya

Pada artikel Pengertian dan Macam – Macam Database yang Harus Anda Ketahui kita sudah membahas tentang pengertian dari database beserta macam-macamnya. Serta mengulas secara singkat tentang MySQL pada artikel sebelumnya.  

Pengertian Database sendiri adalah kumpulan data dalam bentuk tabel, skema, objek, view, query dan sebagainya yang disimpan secara rapi dan sistematis dalam komputer serta dapat diolah dengan program aplikasi sehingga menghasilkan suatu informasi penting.

Pada artikel kali ini kita akan mengenal database oracle, fungsi dan manfaatnya yang perlu untuk Anda ketahui.

Pengertian Oracle

Oracle adalah salah satu jenis database yang paling populer di dunia. Namun, jenis ini lebih cocok untuk digunakan oleh perusahaan besar atau yang memiliki jumlah data cukup besar dan komplek. Oracle harus menggunakan lisensi atau berbayar sehingga untuk penggunaannya Anda perlu mengeluarkan biaya.

Fungsi Oracle

Fungsinya sendiri Mirip dengan fungsi software database pada umumnya, yaitu sebagai pengelola data yang tersimpan. Namun, Oracle adalah RDBMS (Relational Database Management System) yang mempunyai perbedaan fungsi dengan perangkat lunak DBMS. 

Berikut adalah fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh Oracle :

1. Akses data yang aman dan mudah

Dengan menggunakannya dapat melakukan perubahan pada pengaturan akses data dengan mudah. Hal ini bisa membuat data tidak bisa diakses oleh semua orang dan akan membuat data lebih aman. Anda bisa melakukan pengaturan untuk akses ke beberapa orang saja yang Anda percaya.

2. Mengelompokan data

Database Oracle bisa mempermudah Anda dalam mengelompokan berbagai data agar Anda semakin mudah dalam mengkategorikan atau mengklasifikasi data Anda. Cara ini akan memudahkan Anda jika suatu saat nanti membutuhkan data tertentu, Anda akan mudah menemukan data yang dibutuhkan tanpa harus pusing memeriksa data satu persatu.

Baca Juga:  Apa Itu Rsync?

3. Terhindar dari duplikat data

Sering kali saat kita menyimpan sebuah data, kita akan mengcopy beberapa kali sehingga mungkin kita akan kebingungan mana data asli dan copy annya? Nah, dengan menggunakan database Oracle, hal seperti ini bisa dihindari. 

Itulah, pengertian serta fungsi Oracle database yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat!


Di tulis oleh: