Private Blog Network (PBN)

PBN (Private Blog Network) adalah website yang digunakan untuk membangun link sehingga dapat memberikan otoritas ke situs web lain. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peringkat suatu website di halaman mesin pencari.

Pada dasarnya, PBN merupakan website atau blog biasa. Namun isi website tersebut ditujukan untuk membangun atau mendapatkan backlink yang berkualitas. Backlink adalah link dari website eksternal yang mengarah pada suatu website.

Ketika website memperoleh banyak backlink, maka Google akan menilai bahwa web tersebut memiliki kualitas yang baik dan dipercaya oleh banyak user. Hal inilah yang membuat Google memberikan peringkat yang baik untuk website tersebut di halaman mesin pencari.

Pada umumnya, PBN dibangun dari situs website berkualitas dengan domain yang sudah expired. Biasanya domain tersebut memang sengaja tidak diperpanjang oleh pemilik web atau mungkin pemilik web lupa untuk memperpanjang masa aktif domain tersebut. Para pemilik web yang lain kemudian memanfaatkan domain tersebut untuk membangun situs PBN.

Meskipun teknik ini sudah digunakan secara umum selama bertahun-tahun, namun penggunaannya masih memiliki resiko. Teknik ini juga dianggap sebagai Grey Hat Method dalam SEO.

Jika terlalu berlebihan dalam link building serta tidak mematuhi pedoman Google, maka Google akan menganggapnya sebagai tindakan manipulasi. Akibatnya, website dapat kehilangan traffic organik atau bahkan hilang dari halaman pencarian.


Di tulis oleh: