Hosting yang Mendukung Node js Harga Murah

Node.js semakin dikenal oleh kalangan web developer baik yang pemula atau yang sudah pro. software open source ini mampu membuat website lebih ngebut dan responsive. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua penyedia layanan hosting support aplikasi node.js, jadi apabila Anda membutuhkan hosting dengan fitur ini pastikan untuk teliti dalam memilihnya.

Hostnic.id adalah penyedia jasa hosting yang mendukung atau support aplikasi node.js bisa diakses dengan mudah melalui cPanel. Nah, apabila Anda ingin belajar node.js atau punya project dadakan yang ingin diurus maka bisa menggunakan hosting yang kami sediakan. Namun sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai harga mari kita telusuri lebih mendalam definisi node.js dan keunggulannya.

Siapa tahu beberapa dari kalian ada yang masih belum akrab dengan software yang satu ini, mempelajari hal baru akan semakin  mudah dan menyenangkan jika kita tahu tujuan penggunaan dari program tersebut.

Apa Itu Node.js?

Node.js adalah software atau platform yang fungsinya untuk menjalankan aplikasi web dengan bahasa pemrograman javascript sisi server, istilah kerennya (server side). Pembuatnya atau perancang awalnya bernama Ryan Lienhart Dahl yang sekaligus membuat Deno.

Di dalam node.s juga terdapat penggunaan bahasa program C++ dan CofeeScript. Sejak sekarang ini sudah banyak pengembang yang ikut berkonstribusi dalam meningkatkan kualitas dari software node.js

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi andalan node.js di kalangan web dev adalah kemampuannya yang mampu membuat website menjadi lebih cepat dan ringan. Berikut ini beberapa keunggulan node.js yang mungkin belum Anda ketahui:

  • Cara kerja single threaded efisien, program fokus mengalokasikan thread pada proses yang sedang dikerjakan. Hal ini membuat kinerja yang terdapat pada program lebih enteng
  • Memberikan freedom kepada user, node.js memberikan kebebasan bagi pengguna untuk mengerjakan semuanya dari nol menyesuaikan dengan kebutuhan Anda
  • Library yang komplit, node.js mempunyai banyak module javascript untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah
  • Open source, mendengar kata sumber terbuka sudah pasti akan membuat developer senang, karena hal ini berarti mereka bisa melihat struktur kode dan melakukan modifikasi dan mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan tanpa ada batasan-batasan.
Baca Juga:  Apa Itu URL?

Adanya keunggulan di atas membuat node.js banyak digunakan oleh perusahaan besar. Fakta menariknya perusahaan raksaksa seperti Netflix, Linkedin, Medium, Paypal, dan Ebay juga mengandalkan node js dalam sistem mereka.

Jadi bagaimana apakah sudah semakin semangat untuk mempelajari node.js? Supaya kalian bisa menjalankan project dengan lancar maka ada baiknya untuk memilih hosting yang tepat.  Kita cek langsung paket hosting yang support node.js di hostnic yuk.

Paket Hosting Node.js Murah Untuk Pemula Hingga Pro

Kami punya beberapa pilihan paket hosting node.js terjangkau yang pas dikantong. Silahkan dipilih sendiri menyesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan Anda.

1. Paket Hosting Node.js Mulai 9.500/bulan

Spesifikasi hosting standar dengan kapasitas penyimpanan 2GB SSD NvME, RAM 1 GB, sudah disertai dengan unlimited bandwith data transfer. Database mySQL juga unlimited. I/O estimasi 50 MBPS. Fitur lainnya termasuk jetbackup, memcached, redis, SSH acess, dan cPanel (control panel untuk akses node.js)

2. Paket Hosting Node.js mulai 44.000/bulan

Spesifikasi lebih tinggi CPU core 2, penyimpanan 20 GB SSD NvME. RAM 2GB (direkomendasikan). Bandwith tak terbatas, mySQL database unlimited, semua fitur yang ada di paket hosting sebelumnya ada juga disini seperti cPanel, jetbackup, dsb. Mendapatkan gratis domain web.id dan my.id

3. Paket Hosting Node.js Rp 145.000/bulan

Spesifikasi hosting yang lebih powerful CPU 4 Core dengan penyematan RAM 4GB. Bandwith unlimited, mySQL database tanpa batas, email unlimited mampu menerima 400 email/ jam. Fitur-fitur di paket sebelumnya sudah terbawa di paket hosting ini termasuk cPanel, SSH akses, dan lain sebagainya.

Harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu informasi lebih lengkap mengenai pilihan paket hosting lainnya silahkan cek daftarnya di cloud hosting NvME.

Baca Juga:  License Cloudlinux Murah yang Resmi

Bagaimana Cara Mengakses Node.js Via cPanel?

Untuk mengakses node.js melalui control panel sangatlah mudah, berikut panduan simpelnya.

  1. Login dan buka halaman cPanel Anda
  2. Pada kolom pencarian ketik “node.js” nanti akan muncul setup node.js App
  3. Selanjutnya, klik logo aplikasi node.js tunggu sampai loading selesai
  4. Kemudian pilih bagian “create application”
  5. Maka setelah itu muncul tampilan set up node js, Anda bisa mengatur versi aplikasinya, pilihan yang direkomendasikan adalah 14.20.1 yang lebih stabil.
  6. Lalu, Anda bisa memilih application mode apakah development atau production. Anda bisa memilih direktori root untuk penyimpanan file aplikasi yang akan dibuat, memilih url untuk mengakses website aplikasi node.js, isi domain atau subdomain yang terdaftar. Untuk bagian application startup file bisa dikosongi saja.
  7. Setelah semua data terisi silahkan klik tombol “create” Anda bisa menguji url yang sudah domain yang sudah diinput sebelumnya, apabila proses di atas dilakukan dengan benar maka akan muncul tampilan “it works” disertai dengan versi node.js yang terpasang.
  8. Selamat proses instalasi node js sudah selesai, silahkan unggah file node.js pada folder aplikasi yang sudah dibuat. Pengunggahan file bisa melalui file manager atau SSH. Setelah mengunggah file, pastikan Anda lakukan restart terlebih dahulu ketik perintah touch temp/restart.txt

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, pastikan Anda memilih hosting node.js murah di Hostnic.id!

 


Di tulis oleh: