VPS Vs Dedicated Server

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server yang merupakan suatu teknologi yang memungkinkan satu server dibagi menjadi beberapa server virtual dengan software. Kelebihan yang dimiiki salah satunya adalah memiliki IP public khusus dan memiliki akses root yang memungkinkan pengguna dapat mengubah semua pengaturan tanpa adanya batasan sesuai dengan keperluan. Kekurangannya salah satunya adalah harus selalu memonitor biaya kinerja server, agar server tidak sampai mati ataupun disconnect.

Dedicated Server merupakan salah satu layanan hosting yang menawarkan penyewaan server penuh kepada satu pengguna saja. Kelebihan yang dimiliki salah satunya, memberikan IP unik kepada setiap pengguna, sebagai privasi dan keamanan. Kekurangannya salah satunya adalah memerlukan biaya sewa yang mahal, karena semakin tinggi spesifikasi, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

Layanan VPS dan Dedicated Server memiliki perbedaan utama di spesifikasi dan penggunaan. Untuk VPS secara singkat masih dibawah Dedicated Server. Namun, diantara keduanya memiiki kelebihan dan kekurangan masing – masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.


Di tulis oleh: