5 Penyedia Domain Gratis Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Untuk membuat situs Anda bisa diakses oleh orang lain maka diperlukan setidaknya dua hal, yaitu domain dan hosting.  Seiring banyaknya orang yang ingin merambah ke bisnis online banyak yang mulai mencari-cari akal dengan menelusuri penyedia domain gratis.

Kemungkinan Anda sedang melakukan hal yang sama apabila mencari informasi pada artikel ini. Hal yang jadi pertanyaan adalah apakah benar hal semacam itu benar-benar ada?

Faktanya memang ada beberapa situs yang menawarkan domain gratis kepada orang-orang, persyaratannya juga terbilang cukup mudah tidak mengherankan jika banyak orang yang mencari informasi seperti ini.

Oke, kami paham Anda ingin mengetahui situs apa saja yang menyediakan domain secara gratis jadi tanpa berlama-lama kami akan menjelaskan beberapa penyedia domain gratis yang bisa Anda coba sekarang.

5 Penyedia Domain Gratis yang Bisa Dicoba Sekarang

Ada banyak nih pilihannya, penuhi syarat dan kriterianya lalu langsung mendaftar. Dijamin gratis 100% namun, tentunya ada kelebihan dan kekurangannya, nanti akan kami bahas lebih lengkapnya di bawah.

1. Blogger

Harusnya kalian sudah tahu, platform andalan untuk membuat postingan blog yang satu ini menawarkan domain gratis untuk setiap penggunanya. Syaratnya cuma satu yakni “Akun Google aktif” tidak perlu mengisi formulir ini dan itu.  Domain berlaku selamanya, jadi Anda tidak perlu melakukan perpanjangan apapun satu kali aktivasi.

2. Biz.nf

Kedua, ada situs unik bernama biz.nf yang menawarkan domain secara cuma-cuma. Namun hal yang perlu diingat adalah nama domain gratisan yang tersedia bisa berbeda-beda, saat artikel ini diketik Anda bisa mendapatkan domain c1.biz jadi nantinya domain situs akan menjadi: tokosouvenir.c1.biz.

Tertarik untuk mencoba?

3. WordPress.com

Mirip dengan blogger, wordpress .com juga menawarkan domain gratis yang bisa didapatkan oleh semua orang. Anda hanya membutuhkan email aktif (tidak harus Gmail) untuk mendaftar dan klaim domain gratisnya.

Baca Juga:  4 Editor Vidio Terbaik Linux

Tampilan nama domain Anda nantinya akan muncul sebagai desainlogo.wordpress.com, ada imbuhan dari wordpress karena memang gratis jadi tentunya ada keterbatasan.

4. Biz.ly

Penyedia domain gratis lainnya yang bisa Anda coba adalah situs biz.ly yang menawarkan kemudahan bagi Anda pemula yang membutuhkan domain tanpa biaya. Pendaftarannya juga terbilang mudah email menjadi hal pertama yang Anda butuhkan, pastikan email tersebut bisa menerima link verifikasi untuk mengaktifkan domain gratis Anda.

5. Wix

Pendatang baru yang konsepnya mirip dengan Blogger dan WordPress, Wix juga menjadi salah satu penyedia domain gratis yang bisa Anda coba hari ini. Perlu Anda ketahui bahwa nama domain gratis yang tersedia bisa berubah-ubah dan cenderung asing jarang dipakai oleh orang-orang. Beberapa domain yang free yang ditawarkan oleh Wix antara lain seperti: charli.biz, maisie.info, dan lain sebagainya.

Kelebihan Domain Gratis

Sesuai dengan namanya domain gratis membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk membuat website. Aktivasinya juga terbilang cepat dan praktis bisa dilakukan oleh siapapun bahkan pemula sekalipun pasti bisa asalkan mengikuti panduan yang tersedia di masing-masing situs penyedia domain gratis.

Kekurangan Domain Gratis

Tidak hanya memikirkan keunggulannya saja, Anda perlu menyadari bahwa pasti ada kekurangan dibalik sesuatu yang “gratis” ini adalah sesuatu yang paling mendasar. Dengan menggunakan domain gratis maka kekurangannya sebagai berikut:

1. Bisnis Terkesan Kurang Profesional

Memilih domain gratis untuk membuat situs bisnis sebenarnya kurang direkomendasikan, kecuali jika produk yang Anda jual bersifat umum seperti makanan, souvenir jangkauan pasarnya sempit. Namun untuk bisnis besar seperti pembuatan kolam renang, penjualan properti tentunya kurang bagus jika menggunakan website domain gratis, ini akan membuat Anda kurang profesional dan akhirnya menurunkan kualitas branding juga.

Baca Juga:  Cara agar website wordpress loading cepat

2. Sulit Ditemukan Oleh Konsumen

Ada alasan logis kenapa domain (.com) banyak diminati oleh masyarakat, karena domain yang satu ini cenderung mudah diingat dan gampang untuk ditemukan oleh siapapun. Bayangkan jika Anda menggunakan domain seperti c1.biz tentunya pelanggan kesulitan untuk mencari bisnis Anda.

3. Banyak Pembatasan Fitur

Domain gratis biasanya disertakan dengan hosting yang gratis pula, contohnya seperti wordpress.com meskipun Anda tidak membutuhkan biaya untuk pendaftarannnya namun tetap saja banyak fitur yang tidak bisa diakses. Seperti penambahan plugin, import tema, pasang tema premium, dan sebagainya hal ini membuat situs Anda kurang estetik sehingga membuat pengunjung cenderung enggan berlama-lama apalagi tertarik pakai jasa atau membeli produk yang Anda tawarkan.

Jadi masih mau pakai domain gratis?

Sebagai alternatifnya kalian bisa coba cek paket cloud hosting di Hostnic.id, mulai dari 44 ribu Anda sudah dapat 2 domain gratis populer seperti my.id dan web.id. Fitur lengkap bisa buat website pakai wordpress.org (bisa pasang plugin dan tema premium) atau mungkin CMS lainnya seperti Joomla, Laravel, dan Shopify.

Di hostnic.id memang tidak gratis, namun harga domain dan hosting terbilang murah daripada penyedia layanan lainnya lho. Jangan khawatir, kualitas layanan juga tetap kami berikan yang terbaik untuk Anda, uptime tinggi jarang ada gangguan untuk memastikan situs bisnis Anda tetap online setiap saat.

Kami juga menyediakan paket plesk hosting indonesia, control panelnya berbeda, barangkali Anda ingin merasakan fitur terbaru dari plesk silahkan dipilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan ya.


Di tulis oleh: