Jenis – Jenis Keyloggers Hacking

Terdapat dua jenis keyloggers, yaitu software keyloggers dan hardware keyloggers. Keyloggers hacking dalam bentuk hardware jarang digunakan karena teknik tersebut memerlukan akses fisik ke perangkat korban untuk memanipulasi keyboard. Berbeda dengan keyloggers software yang lebih mudah diinstal pada perangkat korban.

Software keyloggers termasuk dalam kelompok produk perangkat lunak yang melakukan kontrol terhadap aktivitas pengguna PC. Awalnya, produk perangkat lunak jenis ini dimaksudkan hanya untuk merekam penekanan tombol yang ditekan pada keyboard, termasuk kunci sistem, dan menyimpan data ini ke dalam file log khusus, yang kemudian dipelajari oleh orang yang menginstal program ini. File log dapat dikirim melalui jaringan ke drive jaringan, server FTP di Internet, ke alamat email, dll.

Tetapi saat ini, produk perangkat lunak yang mempertahankan nama “keyloggers” melakukan banyak fungsi tambahan, seperti mencegat informasi dari windows, klik mouse, isi clipboard, membuat screenshot layar dan jendela aktif, menyimpan catatan semua email yang diterima dan dikirim e-mail , melacak aktivitas file dan perubahan dalam sistem registry, merekam tugas yang dikirim ke printer, memotong suara dari mikrofon dan gambar dari webcam, dll.

Hardware keyloggers adalah perangkat mini yang dapat ditempatkan di antara keyboard dan komputer atau diintegrasikan ke dalam keyboard itu sendiri. Mereka mencatat semua penekanan tombol yang dilakukan pada keyboard. Proses keylogging sama sekali tidak terlihat oleh pengguna PC. Keyloggers perangkat keras tidak memerlukan instalasi perangkat lunak apa pun pada PC target agar berhasil mencegat semua penekanan tombol. Ketika keylogger perangkat keras terpasang, tidak masalah apakah komputer hidup atau mati. Setelah diinstal, keylogger perangkat keras dapat berfungsi untuk waktu yang tidak terbatas, karena tidak memerlukan sumber daya tambahan.


Di tulis oleh: