4 Plugin WordPress Gratis yang wajib di install

WordPress merupakan salah satu cms populer yang paling banyak digunakan. Sekitar kurang lebih ada sekitar 76 juta web di dunia menggunakan wordpress. Tentu, hal ini wajar mengingat banyaknya kemudahan yang disediakan oleh wordpress. WordPress menyajikan 50.600 plugin serta 2000 themes yang tersedia dalam bentuk freemium maupun gratis yang dapat dinikmati oleh penggunanya. 

Selain itu, WordPress terbilang cukup mudah untuk digunakan dalam pembuatan website bahkan bagi pemula yang baru memulai membuat sebuah website sekalipun. Tak perlu menjadi ahli coding karena semua sudah tersedia di wordpress.  

Namun, meskipun terbilang mudah bagi seorang pemula atau yang baru saja terjun ke dunia website pastilah akan merasa bingung di awal saat ingin memulai pembuatan website menggunakan wordpress, Seperti plugin apa saja yang harus di instal. Pemula memang biasanya lebih penasaran akan segala sesuatu, namun jangan sampai hal ini menjadikanmu menginstal sembarang plugin yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan oleh website. Hal ini malah akan membuat websitemu terasa berat. 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi plugin wordpress gratis yang wajib di install di website Anda :

1. Yoast SEO

Plugin Yoast SEO merupakan Plugin WordPress terbaik untuk Optimasi Mesin Pencari (SEO). Sehingga website Anda dapat selalu terdepan pada peringkat di mesin pencari Google. Lantas mengapa wajib menginstall plugin ini ? Alasannya adalah karena dengan Plugin Yoast dapat membantu Anda dalam membuat konten artikel yang berkualitas tinggi serta dioptimalkan untuk mesin pencarian.

Plugin ini dapat dinikmati dengan gratis namun apabila Anda masih ingin menggunakan fitur yang lebih premium, Anda bisa meng upgradenya ke versi yang berbayar. 

2. Contact Form 7

Salah satu Plugin pembuat kontak form ini merupakan plugin yang cocok digunakan untuk website company profile, blog, maupun toko online. Karena tujuannya yang akan memudahkan pengunjung untuk menghubungi pemilik website melalui kontak form yang telah dibuat. 

Terdapat beberapa fitur seperti Fitur upload file, reCaptcha, serta terintegrasi langsung dengan Akismet, Plugin ini dapat juga digunakan untuk mengelola banyak satu form kontak sekaligus. 

3. Security

Keamanan website adalah hal yang penting. Pastikan untuk tidak melewatkan plugin keamanan pada website. Ada banyak sekali Plugin keamanan di WordPress, seperti  iThemes Security, Wordfence, SecuPress Free, Defender dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Keamanan WordPress

4. Social button

Seperti namanya, plugin Social button memudahkan Anda untuk membuat tombol dengan link social media seperti Facebook, like, sharing, twitter dan lain-lain. Sehingga pengunjung website dapat semakin dekat dengan Anda melalui sosial media yang ditaruh di website. 

Nah, itulah 4 rekomendasi plugin wordpress gratis yang bisa Anda install untuk kepentingan website Anda. Ada banyak sekali plugin yang bisa Anda pilih tergantung dengan kebutuhan dari website Anda, sebaiknya hindari menginstall terlalu banyak plugin sebelum tahu benar fungsi serta manfaat untuk website Anda.

Baca Juga:  Sudahkan Magento Store Websitemu Aman ???

Di tulis oleh: