5 Tips Menjaga Keamanan WordPress

Terdapat berbagai cara untuk mengamankan wordpress selain dengan membuat password yang sulit. Agar menghindari sesuatu yang buruk terjadi pada wordpress kita tentu harus melakukan beberapa upaya agar wordpress yang kita miliki aman dan terbebas dari resiko yang bisa mengakibatkan website eror atau bahkan tidak bisa diakses. 

Kali ini kami akan membagikan 5 tips menjaga keamanan wordpress yang bisa Anda terapkan pada website wordpress Anda. Berikut ulasannya :

1. Buat Username dan Password Sulit Ditebak

Tips yang pertama adalah dengan membuat username dan password yang sulit untuk ditebak. Langkah ini merupakan langkah sederhana pertama yang bisa Anda terapkan pada wordpress yang Anda miliki. Jika Anda bingung, Anda dapat membuat password yang sulit ditebak dengan mengikuti saran membuat password dari Google. Salah satu tools untuk menghasilkan password, Anda bisa memakai tool password generator.

2. Gunakan SSL Pada WordPress

Setiap website pada dasarnya lebih disarankan untuk memasang sertifikat SSL. Nantinya alamat website Anda akan diakses menggunakan alamat HTTPS dan bukan HTTP. Fitur ini dibutuhkan demi terjaminnya keamanan data pada website yang Anda miliki.

Selengkapnya baca di artikel berikut Apa Sih Perbedaan HTTP dan HTTPS?

3. Gunakan Plugin WordPress 

Sebenarnya Anda bisa dengan mudah memasang plugin – plugin keamanan di wordpress. Ada banyak sekali penyedia plugin keamanan wordpress mulai dari yang gratis hingga berbayar.  Wordfence, iThemes Security, Defender dan lain sebagainya. Anda bisa membaca selengkapnya di artikel 5 Rekomendasi Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis.

4. Update Versi WordPress dan Plugin

Dengan rutin mengupdate versi wordpress beserta plugin-plugin yang digunakan akan semakin menaikan tingkat keamanan dengan maksimal. Sehingga jika sudah tersedia versi terbaru baik dari wordpress ataupun plugin, Anda sebaiknya mengupdate sesegera mungkin.

5. Backup Secara Rutin  

Mengamankan WordPress juga bisa dengan cara rutin membackup data secara berkala. Hal ini merupakan langkah keamanan wajib yang bisa Anda lakukan untuk semakin meningkatkan keamanan. File atau data cadangan yang selalu ‘baru’ dapat mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan. Sehingga, apabila terjadi sebuah kesalahan, Anda dapat lebih mudah melakukan restore kapanpun dengan menggunakan data cadangan yang telah tersimpan. 

Banyak plugin yang dapat digunakan untuk membuat file backup wordpress secara berkala seperti UpdraftPlus, BackupBuddy, BoldGrid Backup dan lainnya.

Nah, itulah 5 tips menjaga keamanan wordpress agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Menjaga wordpress agar tetap aman merupakan hal yang penting agar website bisa terhindar dari berbagai serangan yang bisa merugikan pemilik website.  

Baca Juga:  Cara Kerja Web Crawler

Di tulis oleh: