Perbedaan HTTP dan HTTPS Serta Fungsinya Untuk Website

Kita pasti sudah sering mendengar tentang HTTP dan HTTPS. Namun apa sih perbedaan serta fungsi keduanya? Apa sama atau berbeda? Nah, di artikel ini mari kita kupas bersama mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS serta fungsinya untuk website.

Apa sih Perbedaan HTTP dan HTTPS?

HTTP merupakan protokol pada sebuah jaringan yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antar web server dengan client. Singkatnya, HTTP bertugas untuk mengatur jalannya proses halaman website agar bisa tampil melalui browser. 

Sementara HTTPS merupakan pengembangan dari HTTP namun memiliki standar keamanan yang lebih tinggi. Karena hal inilah, banyak yang menggunakan HTTPS ketimbang HTTP bahkan dalam dunia SEO, HTTPS dapat menjadi penentu rangking suatu website.

Lantas, Apa Fungsinya Untuk Website?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa fungsi keduanya secara garis besar adalah sebagai protokol dari proses terjadinya pertukaran informasi antar web server dengan client. Akan tetapi untuk HTTPS memiliki fungsi lebih dari tingkat keamanannya.

Menggunakan HTTPS bermanfaat untuk melindungi informasi pribadi Anda, sehingga tidak ada yang bisa mengetahui isi informasi tersebut. Misalnya saat Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit untuk berbelanja online, maka data dari kartu kredit Anda akan sulit diketahui oleh pihak ketiga.

Tentu lain halnya jika Anda belum menggunakan HTTPS dan masih memakai HTTP saat bertransaksi secara online. Data Anda akan sangat rawan untuk disalahgunakan. Dari perbedaan inilah maka tak heran banyak website dari perusahaan besar yang menggunakan HTTPS. 

Baca Juga:  Fitur Exclude Internal Traffics Pada Google Analytics

Di tulis oleh: