Hosting Adalah : Pengertian dan Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Website adalah platform yang menyajikan informasi terkait artikel maupun portofolio dari pribadi atau perusahaan. Ia adalah tempat penting yang dapat menjadi pusat reputasi tentang brand tertentu. Sayangnya proses pembuatan website cukup sulit. Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa hosting adalah dasar dalam pembuatan website. 

Kendati demikian, mempelajarinya secara mandiri akan membutuhkan waktu banyak. Untuk itu, menggunakan jasa hosting menjadi salah satu solusi yang dapat Anda pilih. 

Sebelumnya, tahukah Anda apa pengertiannya? Apa saja manfaatnya untuk website? Berikut adalah penjelasan lengkapnya. 

Hosting Adalah

Hosting merupakan istilah yang digunakan untuk menyimpan kebutuhan pembuatan website. Kebutuhan tersebut meliputi data-data penting seperti foto, video, email, aplikasi, dan database. 

Tanpa adanya, maka website tidak akan dapat Anda akses meskipun dengan internet sekalipun. Ia akan menjadi rumah yang berguna sebagai pondasi untuk pembuatan website.

Fungsi Hosting

Setelah mengerti apa itu hosting, sekarang adalah saat untuk mempelajari manfaat yang akan Anda dapat darinya. Ada lima fungsi utama, berikut adalah penjelasan lengkapnya. 

1. Menyimpan Data Website

Fungsi yang pertama adalah sebagai tempat untuk menyimpan data dari website yang Anda bangun. Hosting akan menjadi rumah dimana file dan database website berasal. Anda akan memiliki hak untuk mengelola setiap file dan database. 

Dalam menggunakannya, Anda harus memeriksa kapasitas yang ditawarkan. Semakin besar database, maka Anda akan membutuhkan layanan dengan kapasitas yang lebih besar. 

2. Melindungi Website dari Peretasan

Website adalah tempat rawan yang dapat diretas oleh siapa saja. Namun Anda dapat melindungi website dengan menggunakan hosting. Ia akan bekerja sebagai pelindung dari peretas agar tidak ada peretasan yang terjadi.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan layanan terpilih dengan kemampuan yang baik agar website tetap aman tanpa ada peretasan. 

3. Hosting Membantu Website Lebih Stabil

Saat menggunakan website, akan ada banyak pengguna yang berselancar di dalamnya. Sayangnya tidak semua website memiliki pondasi yang stabil hingga beberapa pengguna mengalami kesalahan atau error saat loading.

Kesalahan paling dasar adalah kinerja website melemah sehingga tidak dapat diaskes oleh banyak orang secara bersamaan. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan hosting yang terpercaya. Ia akan membantu kinerja website agar lebih stabil dan memiliki performa yang tinggi. 

Baca Juga : Hosting Murah 100 Ribuan Data Center Lokal Indonesia

4. Hosting Meningkatkan SEO Website

SEO atau Search Engine Optimization adalah hal yang dapat membantu menaikkan kualitas artikel. Beberapa website telah mengaplikasikan SEO di dalam artikel yang mereka buat. Ia dapat membantu menaikkan peringkat website Anda melalui mesin pencarian di internet. 

Setelah mengaplikasikan SEO, Anda dapat memanfaatkan hosting dalam menaikkan tingkat SEO di dalam website. Semakin bagus kualitas artikel, semakin tinggi performa dan engagement dari website.

Selain artikel berkualitas, Anda juga perlu mempelajari teknik black hat SEO agar strategi untuk menjadikan website di peringkat atas bisa berhasil. 

5. Membuat Email Profesional

Hosting akan membantu Anda dalam hal pembuatan email. Setiap domain yang Anda miliki dapat dimanfaatkan untuk membuat email dengan nama perusahaan. Semakin formal nama domain, semakin baik pula nama email yang akan Anda gunakan. 

Email yang terbuat darinya akan mendapatkan fasilitas ruang lebih besar. Anda dapat menggunakannya sebagai email perusahaan yang berkaitan dengan klien maupun urusan di dalam perusahaan Anda sendiri.

Siapkah Anda Untuk Menggunakan Hosting

Hosting akan sangat berguna untuk setiap proses dalam pembuatan dan keberlangsungan website. Terutama untuk membuat website tetap aman, stabil, dan memiliki performa yang bagus. Hosting adalah satu hal yang tidak bisa dilewatkan

Gunakan jasa layanan terbaik seperti Hostnic.Id yang dapat membantu Anda mewujudkan website sempurna tanpa kendala. Yuk, pakai jasa layanan favorit agar website aman dan siap sedia!


Di tulis oleh: