Cara Menentukan Niche Website

Bagi siapa saja yang memiliki website atau bergerak di bisnis website pasti tahu tentang Niche. Niche sendiri merupakan topik/tema yang secara keseluruhan ada dalam sebuah blog atau situs web. Setiap website pasti memiliki niche nya sendiri-sendiri. 

Nah, bagi kamu yang masih bingung dalam menentukan niche untuk website, berikut kami berikan cara menentukan niche website agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

1. Sesuai Minat

Membuat sebuah website bisa saja mudah bagi yang sudah berpengalaman. Namun, bagi kamu yang masih bingung dalam menentukan niche tentu akan merasa kebingungan ketika di awal. Salah satu caranya adalah dengan memikirkan dengan matang tentang apa yang menjadi minat dan kemampuanmu sebelum membuat sebuah blog atau website.

Sesuatu yang berasal dari minat dan bakat biasanya akan memunculkan semangat dan akan terasa menyenangkan ketika dikerjakan. Maka, mulailah dulu dari hal yang kamu sukai. 

2. Tentukan Arah

Kedua adalah tentukan arah website mu. Untuk bisnis kah atau hanya sekedar buat isi konten dengan tujuan adsense tentunya. Penentuan ini sangat penting. Misalnya jika kamu berencana membuat sebuah website bisnis tentang fashion maka tidak boleh dicampur dengan yang lain. Website harus berisi tentang produk fashion seutuhnya. Lain halnya dengan blog pribadi yang biasanya berisi konten yang beragam.

3. Pilih Topik yang Sedang Tren 

Selain dari minat, kamu juga bisa memilih niche dari hal-hal yang sedang tren dengan catatan bukan yang tren sesaat. Carilah referensi sesuatu yang selalu menjadi tren dari waktu ke waktu sehingga ketika blog atau website mu selesai dibuat, pengunjung tidak hanya membludak dalam beberapa waktu saja. 

Salah satu rekomendasi tools yang bisa digunakan untuk mencari topik yang sedang tren adalah Google Trends.

Baca Juga:  Kenalan Dengan VPS dan Hosting, yuk!

4. Relevan dengan Bisnis

Sebuah Niche untuk website bisnis tentu harus memiliki relevansi dengan bisnis yang sedang kamu jalani. Buatlah sebuah blog yang menggambarkan serta menjelaskan berbagai hal tentang bisnismu sehingga orang-orang akan semakin tertarik.

Nah, itulah beberapa cara menentukan niche website yang bisa kamu praktekan sendiri. Semoga bermanfaat!

 


Di tulis oleh: