Penggunaan Warna Yang Biasa Digunakan Pada Website

Penggunaan Warna – Penggunaan warna dalam desain sebuah desain akan terlihat baik dan tak monoton asal kita bisa menaruh atau menggunakan warna yang pas. Karena jika asal pilih warna bisa saja meninggalkan kesan terlalu ramai dan tampilan website jadi tak enak di lihat. Bahasa halusnya, bikin sakit mata.

Nah, supaya tidak salah pilih warna, berikut ini kami berikan contoh penerapan dan penggunaan warna yang biasa di pakai untuk website.

1. Merah

Meskipun merah adalah warna yang mencolok tapi jangan takut untuk menggunakannya. Dengan penempatan yang baik justru warna merah akan membuat websitemu lebih berfungsi dengan baik. Misal, warna merah dipakai untuk mewarnai tombol lead call atau kontak. Warna merah yang mencolok akan memberi tanda pada seseorang bahwa warna itu adalah penting. Karena memang warnanya yang cukup menjadi daya tarik sehingga orang-orang akan memberikan atensinya. Warna merah sering diasumsikan sebagai peringatan atau petunjuk jadi pemakaiannya bisa tepat pada hal penting.

2. Kuning

Warna kuning menjadi warna cerah yang biasanya melambangkan keceriaan dan kehangatan. Hal ini dikarenakan warna kuning di anggap memvisualisasikan matahari pagi. Warna ini sangat cocok dengan website yang ingin memberikan semangat, keceriaan, dan kehidupan yang cerah. Jika tidak ingin terlalu mencolok, padukan warna kuning dengan warna yang lebih netral seperti hitam atau putih.

3. Warna hijau

Hijau sering dihubungkan dengan warna alam yang memberikan kesan ketenangan dan kesegaran. Warna ini sangat cocok untuk website seperti kesehatan, pertanian, makanan/minuman dan sebagian produk/bagian yang ada di luar ruang. 

Baca Juga : Tips membuat website menarik

4. Warna biru 

Warna biru bisa dibilang adalah warna favorite untuk banyak orang. Hal ini terbukti dari banyaknya company atau perusahaan di dunia yang menggunakan warna ini entah untuk kebutuhan logo atau hingga warna cat bangunan mereka. Hal ini tak terlepas dari karakter biru yang damai, tentang, kesetiaan, bijak dan kebesaran/kekuasaan. Warna ini cocok untuk website beroperasi di sektor teknologi, kepemerintahan, pendidikan, organisasi sosial, dan sebagainya.

5. Warna ungu 

Warna ungu adalah warna yang seimbang dari percampuran meran dan biru. Karena itulah, kesan yang ditunjukkan warna ini lebih hangat dan mewah. Warna ungu sangat cocok digunakan untuk website yang mengutamakan atau menonjolkan kemewahan produk seperti produk perhiasan, fashion, lifestyle, dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa contoh penggunaan warna yang biasa digunakan pada website. Semoga bermanfaat!

 


Di tulis oleh: