Tips memilih Nama Domain sebelum Membelinya

Tips memilih Nama Domain – Apa itu domain? Nama domain atau domain adalah alamat situs web yang diketik di bidang URL browser untuk membuka sebuah situs web. Fungsi domain hampir sama dengan nama jalan pada alamat, yang memberikan informasi untuk menunjukkan arah ke suatu tempat pada GPS.

Fungsi Domain

Fungsi domain dapat Anda bayangkan seperti jalan singkat yang arahkan kita ke server yang mengonlinekan web. Tiap web sebetulnya mempunyai alamat IP sendiri supaya bisa dijangkau oleh computer, karena computer bekerja dengan pahami angka-angka tertentu. Tetapi, akan merepotkan bagi kita untuk ingat tiap angka itu. Oleh karenanya, nama ini juga terbentuk.

Sebagai contoh, kami akan memakai nama Hostnic.id. Anggap saja alamat IP kami ialah 100.90.80.70. Alamat IP ini mengarah ke sebuah server, tetapi Anda tidak dapat memakainya untuk mengakses web kami lewat browser. Karena, supaya alamat IP dapat dipakai untuk terhubung web, server remote harus memakai port 80 dengan halaman standar (indeks.html) yang ada di directory program situs.

tips memilih nama domain

Dalam memilih domain jangan sampai jangan sampai keliru dan menyesal nantinya karena tidak bisa diganti sesuka kita.

Saat sebelum lakukan order domain, pastikanlah kamu telah pikirkan nama domain atau nama untuk web kamu lebih dulu ya. Kenapa? Karena saat kamu sudah order domain, kamu tidak bisa mengganti nama domain kembali kelak. Adapun trik dan tips saat sebelum pilih nama domain yaitu : 

  1. Yakinkan sesuai web yang kamu buat. Misalkan kamu ingin membuat web tutorial make up janganlah sampai memakai nama domain masakanindonesia.com atau sebagainya
  2. Samakan dengan ekstensi domain yang ada. Misalkan kamu ingin membuat web untuk sekolah, kamu dapat memakai ekstensi.sch.id
  3. Tidak boleh terlampau panjang memberikan nama domain. Hal itu akan membuat seseorang gampang lupa mengingat nama web kamu.
  4. Tidak boleh memakai kata- kata yang sulit dipahami. Upayakan jangan memakai ejaan yang alay atau sulit untuk ditulis. Misalkan D0m4iN.c0m dan lain-lain.
  5. Selalu pikirkan harga domain. Karena domain karakternya berkala dan harus kamu perpanjang saat sebelum expired karena itu kamu harus menyaksikan harga domain. Hostnic.id mempunyai bermacam domain pada harga yang murah. Kami mempunyai harga khusus untuk domain tertentu.
Baca Juga:  Tanda Resiko Terkena Serangan Man In The Middle dan Cara Menghindarinya

Di tulis oleh: