Fungsi meta tag pada HTML

Meta atau Meta tag adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web.
Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”.

Fungsi Meta yang paling banyak dipakai

  • Meta Tag Charset


  • Penulisan meta tag charset ini sangatlah penting. Kenapa ? karena ketika kita tidak menggunakan meta tag charset UTF-8 ini, browser akan menebak karakter yang digunakan pada website kita. Jika halaman web dijalankan dari web server seperti Apache, web server juga akan menambahkan http-header yang berisi karakter set.

    Ada sebuah kasus dimana tahun 2005 terdapat sebuah bug pada Internet Explorer yang dinamakan Google XSS. Hal ini terjadi karena situs google tidak menuliskan karakter set sehingga bisa digunakan untuk menyisipkan kode javascript. Sehingga meta tag ini sudah seharusnya dipakai oleh para website development.

  • Meta Tag Name


  • Meta tag name ini merupakan fungsi SEO {Search Engine Optimization} banyak digunakan oleh para websire development agar website mereka dapat mencapai peringkat 1 di Google Search.

    1. “meta name=”viewport” …..”
    2. Meta name viewport ini merupakan library dari Bootstrap yaitu agar website yang dibuat menjadi responsive. Maksudnya dengan adanya viewport ini, browser akan mengatur skala dan dimensi website agar sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh user.

    3. “meta name=”keywords” …..”
    4. Meta name keywords ini merupakan bagian dari SEO, agar search engine google dapat mengetahui judul dari website yang kita buat. Ketika user mencari sebuah keyword maka secara otomatis google akan melacak keyword/judul disuatu website yang mirip dengan pencarian user tersebut.

    5. “meta name=”description” …..”
    6. Meta name description ini merupakan isi dari website kamu dan termasuk bagian dari SEO juga loh, ketika google mencari keyword maka search engine google ini mencari keyword yang serupa di bagian isi website kamu. Sehingga banyak para penulis artikel yang menulis karya nya lebih dari 300 kata karena akan memudahkan google untuk menemukan keyword yang dicari oleh user.

    Baca Juga :
    Cara menggunakan Bootstrap
    Cara install VS Code (Visual Studio Code)

Demikian yang bisa dapat mimin share, semoga dapat bermanfaat khususnya dari kalian yang baru terjun di dunia website ini.

Baca Juga:  Cara install VS Code (Visual Studio Code)

Di tulis oleh: