Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server – Memilih Dedicated Server tentu memiliki Kelebihan dan Kekurangannya. Nah, berikut ini kami ulas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Dedicated Server

1. Akses Penuh (Tidak di Bagi)

Ketika anda menggunakan dedicated server maka hak akses sepenuhnya milik anda. Tak terbagi dengan user lain. Hal ini membuat anda memiliki sumber daya penuh dari server tunggal. Selain itu, anda juga bisa dengan bebas dalam hal konfigurasi serta penggunaannya.

2. Keamanan

Menggunakan dedicated server sangat baik untuk website yang memiliki jumlah pengunjung cukup banyak, karena ruang yang tersedia tidak terbagi dengan website lain yang artinya hal ini akan menjamin keamanan dari website anda sendiri. 

3. Alamat IP Sendiri

Berbeda dengan Share hosting, memiliki dedicated server berarti anda bisa memiliki alamat IP unik untuk anda sendiri. Berbeda dengan shared hosting yang berbagi alamat ip dengan pengguna yang lain.

4. Bisa Cek Via Remote

Memiliki dedicated server bukan berarti anda harus mengeceknya secara langsung, justru anda bisa mengontrolnya dengan cara mudah yaitu dengan cara remote jarak jauh. Anda tidak perlu datang dan mengecek secara langsung pada fisik server, itu merepotkan yah. Cukup awasi saja secara remote. 

Baca Juga : Prinsip dan Cara Kerja Dedicated Hosting Server

Kekurangan Dedicated Server

1. Harga Premium

Premium itu mahal? Memang. Tapi, harga yang dikeluarkan akan sesuai dengan yang anda dapatkan. Semakin tinggi spesifikasi server yang dibutuhkan maka semakin mahal pula harga yang harus anda keluarkan.

2. Harus Punya Pengetahuan Soal Server

Dedicated server dikelola secara mandiri tentu hal ini membuat anda harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan serta kinerja dan cara kontrol server. Hal ini sangat penting agar anda bisa mengelola server anda sendiri. 

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dedicated server yang perlu untuk anda ketahui. Ada baiknya sebelum memutuskan untuk menggunakannya, anda sudah melakukan analisa dan memiliki pengetahuan yang baik agar anda bisa mengelolanya dengan maksimal.

Baca Juga:  Cloud Server vs Dedicated server Mana yang Terbaik?

Di tulis oleh: