Seberapa penting Link Building Dalam SEO?

Link building adalah strategi jangka panjang yang dirancang untuk meningkatkan trafik kunjungan ke situs web sekaligus meningkatkan reputasi bisnismu, semuanya melalui penggunaan link eksternal yang mengarah kembali ke domainmu.

Ada 3 hal utama yang harus diperhatikan, diantaranya :

1. Terlihat Alami atau Natural
Jika sengaja melakukan link building, secara teori bisa dibilang kamu sedang mencoba memanipulasi ranking dimesin pencari dan tentu saja mesin pencaripun tidak menyukai hal tersebut. Tapi, jika menunggu secara pasif agar website lain mau memberikan link, tentu akan lama sekali untuk melihat hasilnya. Nah, link building itu harus dilakukan secara alami dan natural, jika dalam sehari tiba-tiba langsung mendapat ribuan backlink, atau backlink nya berasal dari website yang sejenis dengan anchor text yang itu-itu saja, maka itu bisa dibilang tidak natural. Lakukan secara bertahap dan lakukan link building diwebsite-website berkualitas agar link building pada websitemu disukai oleh mesin pencari.

2. Berasal Dari Website Berkualitas
Mendapatkan banyak backlink namun berasal dari website spam maka akan percuma saja. Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga backlink kamu berasal dari website seperti apa. Semakin berkualitas sebuah website maka semakin tinggi pula nilai yang didapat dimata mesin pencari.

3. Berasal Dari Website Dengan Topik Serupa
Jika websitemu berisi topik “Optimalisasi Big Data” maka akan sangat baik sekali jika kalian bisa mendapatkan backlink dari website dengan topik serupa. Misalnya dari website tentang big data analytics, dari website yang lebih cenderung membahas big data, atau dari portal-portal berita yang membahas tentang trend teknologi big data. Semakin banyak backlink yang berasal dari website denga topik serupa, maka semakin relevan websitemu di mesin pencarian.

Sementara itu, misi utama mesin pencari adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan. Oleh karena itu, jika kamu ingin websitemu muncul dihalaman terdepan, maka sangat penting membuat websitemu relevan dengan keyword yang diinginkan, dan salah satunya dengan cara mendapatkan backlink dari website yang memiliki topik serupa.


Di tulis oleh: