Macam Macam CSS dan Kelebihannya

Sebelumnya kita sudah membahas tentang Apa itu CSS pengertian dan fungsinya. Kali ini kita masih akan membahas mengenai CSS yaitu tentang macam macam CSS serta kelebihan menggunakannya.

Macam Macam CSS Berdasarkan Dari Cara Penggunaannya

Inline Style Sheet

Jenis CSS pertama yang kita bahas adalah Inline Style Sheet dimana penggunaannya langsung pada object yang ingin diubah. Contohnya, sebuah teks biasa yang ingin diubah warna. Penggunaannya hanya membutuhkan penambahan tag <style> sehingga sangat mudah.

External Style Sheet

Jenis CSS seperti External Style Sheet berbeda dengan yang sebelumnya dimana penggunaanya dianggap lebih praktis dikarenakan peletakannya yang berada diluar area object. Menggunakan jenis ini juga bisa lebih menghemat ruang karena bisa digunakan secara berulang pada beberapa objek sekaligus hingga antar website. 

Embedded Style Sheet

Jenis CSS terakhir yang akan dibahas adalah Embedded Style Sheet yang sama dengan  Inline Style Sheet dimana peletakannya berada di halaman yang sama pada laman website. Hanya, bedanya adalah posisinya yang berada di antara  tag <head> dan </head> serta diawali dengan tag <style>. Pada umumnya Embedded Style Sheet dimanfaatkan dengan tujuan untuk membuat tampilan yang unik di suatu halaman website. 

Kelebihan CSS

Kelebihan CSS adalah dapat mengatur semua tampilan pada aspek file yang berbeda. Kemudian Anda dapat menentukan file dan mengintegrasikannya di atas markup HTML.

Struktur CSS cukup sederhana, sehingga pengaplikasiannya pun cukup mudah. Pada pengaplikasiannya,CSS dapat membantu kinerja HTML dengan memberikan sedikit sentuhan modifikasi. Kerjasama antar keduanya bisa semakin memaksimalkan tampilan website menjadi lebih menarik sesuai dengan keinginan Anda. 


Di tulis oleh: