Apa Itu CSS? Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu CSS? Setelah pada artikel sebelumnya kita berkenalan dengan HTML, dari mulai pengertian, fungsi serta kelebihan dan kekurangannya. Kali ini kita akan membahas tentang apa itu CSS? Mulai dari pengertian serta fungsinya yang perlu untuk diketahui. CSS masih ada kaitannya dengan HTML. Karena belajar CSS akan lebih mudah jika sudah paham tentang HTML.

Pengertian CSS

Mari kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu. CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet yang merupakan sekumpulan perintah untuk menjelaskan tampilan sebuah situs website dalam bahasa mark-up. Salah satu bahasa mark-up yang populer adalah HTML. Bahasa Mark-up atau bahasa markah sendiri merupakan bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat website.

Antara CSS dan HTML memiliki hubungan saling terkait dimana CSS merupakan kode-kode yang digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML.

Baca Juga : Pengertian HTML, Fungsi dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Fungsi CSS

CSS berfungsi untuk mendesain sebuah website. Bukan hanya mendesain saja namun CSS juga berfungsi untuk membentuk dan mengubah tampilan menjadi tampak lebih menarik. Sebenarnya menggunakan HTML pun Anda bisa membuat sebuah tampilan website hanya saja dengan menggunakan CSS, tag HTML yang sederhana dapat diubah sehingga tampilan pada laman website pun menjadi terlihat lebih menarik. 

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat menggunakan CSS, seperti dibawah ini:

  1. Mempercepat Proses Desain Website
  2. Halaman Website Menjadi Lebih Cepat Dimuat
  3. Style yang Lebih Beragam Dibanding HTML
  4. Kompatibel Dengan Berbagai Macam Device
  5. Menjadi Standar Pengembangan Website

Di tulis oleh: