Apakah yang Dimaksud Dengan Server

Apakah yang Dimaksud Dengan Server- Server adalah komputer yang dirancang untuk memproses permintaan dan mengirimkan data ke komputer lain melalui internet atau jaringan lokal. Jenis server yang terkenal adalah server web dimana halaman web dapat diakses melalui internet melalui klien seperti browser web. Namun, ada beberapa jenis server, termasuk yang lokal seperti server file yang menyimpan data dalam jaringan intranet.

Apa yang Dilakukan Server di Jaringan Komputer?

Meskipun komputer manapun yang menjalankan perangkat lunak yang diperlukan dapat berfungsi sebagai server, penggunaan kata yang paling umum merujuk pada mesin besar bertenaga tinggi yang mendorong dan menarik data dari internet.

Sebagian besar jaringan komputer mendukung satu atau lebih server yang menangani tugas-tugas khusus. Sebagai aturan, semakin besar jaringan dalam hal klien yang terhubung atau jumlah data yang dipindahkan, semakin besar kemungkinan beberapa server berperan, masing-masing didedikasikan untuk tujuan tertentu.

Server adalah perangkat lunak yang menangani tugas tertentu. Namun, perangkat keras yang kuat yang mendukung perangkat lunak ini juga disebut server. 

Ini karena perangkat lunak server yang mengkoordinasikan jaringan ratusan atau ribuan klien memerlukan perangkat keras yang lebih kuat daripada komputer untuk digunakan konsumen.

Apakah yang Dimaksud Dengan Server

Jenis Jenis Server

Sementara beberapa dedicated server fokus pada satu fungsi, seperti print server atau database server, beberapa implementasi menggunakan satu server untuk beberapa tujuan.

Jaringan tujuan umum besar yang mendukung perusahaan menengah kemungkinan menyebarkan beberapa jenis server, termasuk :

Web Server

Web Server menampilkan halaman dan menjalankan aplikasi melalui browser web. Server yang terhubung dengan browser Anda sekarang adalah server web yang mengirimkan halaman ini dan gambar di dalamnya. 

Program klien dalam hal ini adalah browser seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox, Opera, atau Safari. Web Server digunakan untuk banyak tugas selain mengirimkan teks dan gambar sederhana, seperti mengunggah dan mencadangkan file secara online melalui layanan penyimpanan cloud atau layanan pencadangan online.

Email Server

Email Server mengirim dan menerima pesan email. Jika Anda memiliki klien email di komputer, perangkat lunak akan terhubung ke server IMAP atau POP untuk mengunduh pesan ke komputer Anda, dan server SMTP untuk mengirim pesan kembali melalui server email.

FTP Server 

FTP Server memindahkan file melalui alat Protokol Transfer File. FTP Server dapat diakses dari jarak jauh menggunakan program klien FTP, yang terhubung ke berbagi file di server, baik melalui kemampuan FTP bawaan server atau dengan program server FTP khusus.

Identity Server

Identity Server  mendukung login dan peran keamanan untuk pengguna yang berwenang.

Ratusan jenis server khusus mendukung jaringan komputer. Terlepas dari jenis perusahaan umum, pengguna rumahan sering berinteraksi dengan server game online, server obrolan, dan server streaming audio dan video, antara lain.

Beberapa server ada untuk tujuan tertentu tetapi tidak harus berinteraksi dengan cara apa pun yang berarti. Server DNS dan server proxy adalah beberapa contohnya. Itulah ulasan mengenai “Apakah yang Dimaksud Dengan Server”

Baca Juga:  Apa Itu Domain ? Pengertian Domain Untuk Pemula

Di tulis oleh: