Tips Memilih Themes WordPress Sesuai Kebutuhan Website

Membuat sebuah website dengan menggunakan CMS WordPress sekarang ini semakin banyak disukai. Lebih mudah, simple dan cepat adalah beberapa alasan kenapa wordpress semakin digemari. 

WordPress merupakan CMS ( Content Management System ) bersifat open source yang digunakan untuk membuat sebuah situs website dengan mudah. Tidak diperlukan pemahaman mendalam tentang coding karena website dapat terbangun hanya dengan drag and drop. 

Masalah tampilan website tentu tak perlu bingung karena wordpress telah menyediakan banyak sekali themes gratis yang bisa digunakan. Selain themes, wordpress juga menyediakan banyak pilihan plugin untuk mendukung kebutuhan pembuatan website.

Kali ini, kami akan membagikan informasi mengenai tips memilih themes wordpress sesuai dengan kebutuhan website Anda. Berikut ulasan tips dari kami :

1. Tentukan Niche 

Sebelum memutuskan untuk memilih sebuah tema pastikan Anda telah tahu betul tentang niche website Anda Sehingga tidak akan bingung dalam menentukan tema yang sesuai dengan website.

Misal, bila website Anda tentang konten yang membahas beragam topik sekaligus, maka jenis tema Magazine akan cocok, namun apabila isi website Anda tentang fotography, Anda dapat memilih theme gallery dan lain sebagainya.

2. Tampilan Menarik

Memilih tema website dengan tampilan menarik dan bisa membuat pengunjung web betah adalah sebuah keharusan. Tentu kita tak ingin kan banyak yang pergi hanya beberapa detik setelah mengakses website yang kita miliki. 

Pilihlah tema yang bukan hanya memiliki niche yang sesuai namun juga memiliki tampilan yang baik. Jika bingung, Anda bisa mencari-cari referensi terlebih dahulu melalui forum komunitas dan lainnya.

3. Responsive & Mobile Friendly

Ada alasan kenapa theme website harus responsive dan mobile friendly. Sebab saat ini theme website yang responsive lebih diprioritaskan oleh Google dalam menentukan peringkat website. Hal ini tentunya sangat penting apalagi untuk optimasi SEO. Sedangkan theme website mobile friendly dibutuhkan karena banyaknya pengguna mobile daripada yang lain. 

Baca Juga : Rekomendasi Template Toko Online WordPress Terbaik

4. Fast Loading

Selain responsive dan mobile friendly, Anda juga harus memilih theme yang memiliki kecepatan yang baik saat loading. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kenyamanan pengunjung website saat hendak mengakses website Anda. Pastikan untuk mendapatkan “skor A” pada theme yang kamu pilih. Salah satu tools google untuk cek kecepatan sebuah website adalah PageSpeed Insights

5. Keamanan

Tips memilih themes wordpress yang terakhir adalah Keamanan. Salah satu yang terpenting dalam memilih sebuah theme website adalah keamanannya. Apalagi bagi yang menggunakan theme gratis atau theme nulled. Karena dikhawatirkan terjadi sesuatu yang buruk seperti hacking misalnya. Hal ini lantaran theme nulled atau bajakan lebih rentan terhadap serangan malware atau virus yang dapat membahayakan website.    

Baca Juga:  Fitur Exclude Internal Traffics Pada Google Analytics

Di tulis oleh: