Domain adalah: Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Jenisnya

Dalam bidang IT dan internet, domain adalah sebuah istilah yang penting untuk Anda pahami. Seorang pemilik laman internet juga diharapkan mengerti tentang istilah ini. Silakan baca artikel ini untuk memahami apa itu domain internet.

Pengertian Domain

Perhatikan nama alamat berikut; www.google.com. Nama Google dalam alamat tersebut merupakan nama website, sedangkan (dot)com di ujungnya adalah ekstensinya.

Domain adalah sebuah nama alamat dari suatu laman atau website yang terdiri dari sejumlah angka-angka yang rumit. Nama alamat IP ini bertujuan mengantarkan seorang pengguna internet kepada laman yang dia hendak kunjungi. 

Anda pasti sering melihat alamat-alamat website yang tulisannya .com, .id, atau .net dan sebagainya. Itu merupakan ekstensi dari sebuah domain, yang menandakan siapa pemilik laman tersebut dan kegunaan laman itu.

Anda butuh dua hal untuk membuat sebuah website. Yang pertama ialah angka-angka yang akan menjadi nama IP website. Sementara yang kedua yaitu hosting yang tugasnya menyimpan dan mengolah data-data seperti teks, gambar, dan video sebagai isi website itu.

Fungsi-Fungsi Domain

Setiap sistem dalam jaringan internet tentu mempunyai fungsinya tersendiri, termasuk nama IP. Dengan adanya nama IP, semua komputer di dunia dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya tanpa halangan. Fungsi-fungsi dari sebuah domain adalah sebagai berikut.

  • Menyimpan data website yang Anda kunjungi supaya Anda tak perlu repot mengingat nomor IP website. Setiap alamat IP mempunyai nomor-nomor identitas yang berbeda, sehingga untuk mempercepat akses, domain akan meminta data website kepada server pusat.
  • Menjadi identitas khusus untuk membedakan setiap website. Ada ratusan ribu website yang terdaftar di internet, dan nomor-nomor alamat IP tersebut berfungsi mencegah terjadinya salah sambung.
  • Membantu mengalihkan akses internet jika ada kesalahan penulisan. Misalnya Anda ingin mengunjungi laman Facebook, tetapi Anda malah mengetikkan www.fb.com. Domain akan mengalihkan Anda ke website yang alamatnya benar, yaitu www.facebook.com.
Baca Juga:  Cara Membuat Iklan Pop Up Yang Tidak Mengganggu

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain Sebelum Membelinya

Macam-Macam Ekstensinya

Anda sekarang sudah tahu tentang definisi dan kegunaan sebuah domain, tetapi Anda juga harus tahu jenis-jenis ekstensinya. Macam-macam ekstensi domain adalah sebagai berikut.

1. Top Level (TLD)

TLD atau Top Level Domain adalah ekstensi pada alamat URL yang banyak orang gunakan. Ekstensi ini tersedia bagi banyak pengguna di dunia, mulai dari pemerintahan suatu negara. organisasi nirlaba, dan masyarakat umum. Contohnya adalah .com, .net, dan .edu. TLD ini tersedia dalam bentuk Country-Code sebagai penanda negara asal laman internet, dan Generic yang menandakan pemilik laman.

2. Second Level (SLD)

Jenis nama IP ini cenderung banyak digunakan oleh institusi pendidikan dan ilmu pengetahuan. Istilah SLD ini seringkali merujuk pada nama website yang sebenarnya ketimbang alamat URL. Misalnya ada URL yaitu www.youtube.com; SLD merujuk pada “youtube” sebagai nama website itu.

3. Third Level

Jenis nama alamat website ini kadang-kadang orang sebut sebagai subdomain. Dia terletak pada bagian paling depan dari alamat URL sebuah laman, misalnya “www”. Perhatikan contoh berikut; pada URL www.google.com, “www” di bagian depan URL merupakan Third Level Domain pada alamat tersebut.

Baca Juga : Paket Hosting dan Domain Termurah Diskon Hingga 50%

Itulah artikel yang membahas tentang nama alamat website internet, beserta fungsi dan macam-macam jenisnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa domain adalah. pondasi dasar untuk membangun sebuah website. Pastikan Anda memilih nama mudah agar orang tidak kesulitan untuk menyebut/mengingatnya. Yuk, bikin nama domain untuk website Anda sekarang juga!


Di tulis oleh: