Cloud Hosting : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Ketika ingin membuat sebuah website tentunya Anda akan memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya yaitu dengan memakai layanan Cloud Hosting karena terdapat berbagai keuntungan di dalamnya. Cloud Hosting adalah salah satu jenis dari beberapa layanan yang ada sehingga perlu Anda pahami. 

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting merupakan salah satu jenis layanan web hosting yang memiliki beberapa server dalam melakukan tugasnya. Dengan begitu beban server akan lebih ringan dan waktu kinerja server lebih maksimal. Banyak orang memilih memakai hosting jenis ini karena mudah dan minim terjadinya masalah pada server.

Fungsi Cloud Hosting

Untuk berikutnya akan membahas fungsi atau manfaat ketika memakainya agar nantinya Anda tidak penasaran lagi, berikut ini penjelasannya.

1. Membuat Performa Website Lebih Cepat

Fungsi atau manfaat yang pertama dari Cloud Hosting adalah membuat performa website Anda lebih cepat lagi. Dari penjelasan sebelumnya Anda pasti sudah tahu bahwa layanan ini bekerja dengan beberapa server sehingga kinerjanya akan lebih maksimal. Dengan begitu ketika orang ingin mengaksesnya akan terasa lebih cepat.

Kemudian tidak hanya itu saja, namun terdapat penawaran dari layanan ini yaitu adanya sistem keamanan yang terjamin. Sekarang ini sudah banyak kejadian yang menimpa pemilik website seperti penyadapan jaringan, penyalahgunaan data, dll. Maka dari itu Anda tidak perlu khawatir lagi dengan hal itu jika memakai layanan ini.

2. Dapat Menampung Trafik yang Banyak

Beberapa masalah pemilik website pastinya sering mengalaminya seperti terjadinya lonjakan trafik secara tiba – tiba dan membuat sistem down. Dengan hal tersebut nantinya akan membuat Anda panik dan harus mencari cara mengatasinya. Nah dari pemakaian Cloud Hosting ini ketika terjadi masalah seperti itu akan teratasi pastinya.

Baca Juga:  Pengertian Cpanel dan Kegunaannya

Dari Cloud Hosting sendiri memiliki beberapa server untuk memaksimalkan kinerja seperti penjelasan sebelumnya. Ketika salah satu server yang terpakai penuh maka akan beralih ke server lain untuk membaginya. Sehingga website akan terhindar dari error. Untuk sistem pembagian seperti itu biasa disebut backup resource

3. Pengelolaan Mudah

Untuk fungsi atau manfaat selanjutnya dari hosting ini adalah kemudahan dalam mengelolanya secara mandiri. Dalam jenis layanan ini sudah tersedia control panel yang dimana Anda bisa melakukan perubahan sesuai dengan keinginan. Kemudian terdapat juga beberapa fitur seperti wordpress management, web packages, dll.

Lalu keuntungan dalam mengontrol layanan hosting ini tidak hanya itu saja tapi terdapat fitur auto installer. Sehingga ketika Anda menginginkan platform lain yang dibutuhkan bisa langsung memakai fitur tersebut. Mungkin bagi Anda yang sebelumnya memakai Shared Hosting akan merasa sama opsi pengaturannya.

Cara Kerja Cloud Hosting

Berikutnya yaitu cara kerja hosting ini adalah dengan mengandalkan beberapa server dalam menunjang performa website nantinya. Untuk sistem seperti itu sering disebut dengan istilah cluster yang dimana website akan tetap berjalan walaupun terjadi masalah pada server. Hal itu bisa terjadi karena server saling berbagi beban.

Sudah Paham Dengan Cloud Hosting?

Dengan demikian, memikirkan dengan matang jenis layanan hosting yang akan Anda gunakan akan menentukan kenyaman pemakaian website nantinya. Supaya Anda tidak bingung bisa memilih layanan jenis Cloud Hosting. Sudah banyak pemakai jenis web hosting tersebut karena kemudahan dan keamanannya. 

Jika Anda tertarik untuk membuat website juga dapat memakai provider web hosting dari Hostnic yang menyediakan berbagai jenis hosting berkualitas. Kami akan membantu menyelesaikan masalah Anda dalam menentukan web hosting yang Anda butuhkan. Yuk, coba sekarang juga!


Di tulis oleh: