Perbedaan Cloud Hosting dan VPS, Jangan Sampai Salah Memilih!

Sekarang ini anak muda memanfaatkan internet dalam melakukan hal bisnis atau lainnya. Salah satunya dengan membuat website dan memakai web hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Mungkin Anda masih bingung ingin memilih Cloud Hosting atau VPS. Berikut ini perbedaan Cloud Hosting dan VPS yang bisa Anda simak.  

Apa Itu Cloud Hosting dan VPS?

Sebelum kita menjelaskan perbedaan keduanya maka Anda harus paham dahulu pengertian dari Cloud Hosting dan VPS. Untuk Cloud Hosting adalah sebuah web hosting yang menggunakan beberapa server sebagai pengoperasiannya. Kemudian banyak yang memakainya karena kemudahannya dan minim terjadinya error.

Lalu untuk VPS (Virtual Private Server) adalah jenis web hosting juga dan memakai satu server fisik yang dibagi beberapa server. Dalam pemakaiannya terbilang privasi yang artinya hanya untuk satu pengguna saja dan tidak menggabungkan akun lain. 

Perbedaan Cloud Hosting dan VPS

Selanjutnya yaitu perbedaan dari kedua jenis web hosting tersebut. Nantinya jika Anda berencana ingin membuat website bisa memahaminya agar tidak bingung ingin memilih yang mana. Tentunya ketika menentukan apakah jenis layanan web hosting tersebut sudah sesuai kebutuhan. Perbedaannya, antara lain :

1. Performa

Perbedaan yang pertama yaitu dari performanya. Untuk VPS (Virtual Private Server) ini sedikit lebih unggul daripada Cloud Hosting. Kemudian untuk penggunaan VPS nantinya akan lebih menonjol karena Anda bisa memiliki beberapa website sekaligus dengan panel admin yang berbeda. 

Lalu untuk Cloud Hosting tergantung dari performa penyedia layanan lah yang nantinya menentukan performa website Anda. Setelah itu dalam VPS sendiri nantinya performa yang akan Anda dapatkan tergantung dari bagaimana mengkonfigurasinya sendiri karena bersifat private

Baca Juga:  DDOS: Pengertian, Jenis Penyerangan dan Cara Mengatasinya

2. Kapasitas

Perbedaan Cloud Hosting dan VPS berikutnya yaitu dari kapasitasnya. Untuk VPS sendiri memiliki kapasitas yang bisa Anda tambah atau kurangi dengan mudah. Kemudian dalam penambahan kapasitas web hosting ini memiliki dua jenis seperti horizontal scaling dan vertical scaling

Lalu horizontal scaling merupakan penambahan kapasitas dari bagian server seperti RAM, sistem operasi, dll. Setelah itu vertical scaling adalah penambahan dari jumlah layanannya. Nah untuk Cloud Hosting hampir sama bisa menambahkan kapasitas sesuka hati dan saat proses penambahan juga jarang system error

3. Kustomisasi

Selanjutnya yaitu dari segi kustomisasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk VPS ini nantinya Anda dapat melakukan perubahan – perubahan di dalamnya secara bebas namun asalkan bisa memahami bahasa pemrograman. Lalu contohnya seperti merubah panel dengan Webuzo, cPanel, dan lainnya.  

Sedangkan dari Cloud Hosting nantinya setiap konfigurasi sudah dilakukan oleh penyedia layanan. Memang kelemahannya tidak bisa Anda kustom secara bebas sesuai keinginan. Tetapi bagi Anda yang tidak ingin repot – repot dan lebih fokus pada website maka jenis ini dapat menjadi pilihan. 

4. Harga

Untuk perbedaan selanjutnya ini berdasarkan dari harganya. Jenis VPS (Virtual Private Server) akan memiliki harga yang lebih terjangkau karena setiap konfigurasi bisa Anda lakukan sendiri. Sedangkan Cloud Hosting sedikit mahal karena setiap konfigurasi sudah tertangani pihak penyedia sehingga lebih simple. 

Sudah Paham Dengan Perbedaan Cloud Hosting dan VPS?

Dengan demikian, menentukan web hosting yang ingin Anda pakai mungkin akan menimbulkan kebingungan apalagi jenisnya ada beberapa. Untuk mempermudah menentukannya dapat memakai provider web hosting dari Hostnic. Beberapa pilihan jenis layanan hosting tersedia dan dengan harga yang bisa terbilang terjangkau. 


Di tulis oleh: