Berkenalan Dengan Domain XYZ

Generasi baru dari nama domain. Singkat, mudah diingat, dan mudah dikenali di seluruh dunia, domain .xyz menyediakan ribuan kesempatan. Meskipun terbilang masih sangat baru, tapi domain XYZ telah menyedot perhatian banyak webmaster sampai-sampai banyak sekali teman-teman Jogja Web yang menanyakan apa itu domain XYZ serta apa saja kekurangan dan kelebihan menggunakan domain tersebut.

Domain ini menggunakan 3 huruf terakhir dalam urutan alfabet latin. Domain yang baru ada tahun 2014 ini dikelola oleh Daniel Negari, dibawah perusahaan pendaftaran domain XYZ.com. Ada teori yang berkembang bahwa pemilihan XYZ berkaitan dengan teori yang mengklasifikasikan manusia dalam hal pengenalannya dengan teknologi, yakni generasi X, Y dan Z.

Kategori X merupakan generasi manusia yang lahir pada rentang tahun 1960 sampai 1980, kategori Y merupakan generasi manusia yang lahir pada tahun 1977 sampai 2004 dan kategori Z merupakan generasi manusia yang lahir pada tahun 2001 sampai saat ini. Dari pemaparan tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa domain XYZ merupakan domain baru yang dapat digunakan oleh semua kalangan usia dengan berbagai macam keperluan.

Kekurangan Domain XYZ

  • Belum Familiar dikalangan Masyarakat. Saat ini kebanyakan masyarakat lebih mengenal domain .com, .org, .net dan sebagainya dibandingkan dengan nama domain berakhiran XYZ. Domain yang merupakan tiga huruf terakhir alfabet ini masih sangat asing ditelinga masyarakat saat ini.
  • Kurang Responsive. Menurut pengakuan mas Erdin Maulana di blognya, domain XYZ ini kurang responsive saat diakses melalui smartphone. Maksud kurang responsive adalah bahwa ketika mengklik suatu link di situs berdomain XYZ, maka pengguna tidak langsung ditujukan ke alamat yang diinginkan, melainkan dialihkan terlebih dahulu ke Google Search.

Kelebihan domain XYZ

  • Murah Meriah. Harga domain XYZ terbilang sangat murah meriah. Seperti yang kang erik informasikan diatas bahwa harga domain ini cuma 1 USD saja, bahkan beberapa situs penyedia domain berani memberikan domain ini secara gratis dengan syarat-syarat tertentu. Harga domain yang murah tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para webmaster, terutama bagi para webmaster yang super irit dan super hemat
  • Perkembangan Pesat. Perkembangan domain ini terbilang sangat pesat apalagi setelah salah satu situs Google yaitu abc.xyz menggunakan domain XYZ ini. Disamping itu, banyaknya promo-promo dengan harga murah juga menjadikan domain ini semakin banyak digunakan oleh para webmaster.
  • Lebih Banyak Pilihan. Maksudnya saat ini masih banyak nama yang bisa dipilih untuk didaftarkan. Misalnya agan sista ingin memiliki domain berkeyword (keyword on domain) dengan keyword jual batik. Di XYZ jualbatik.xyz masih bisa didaftarkan, sedangkan di dot com atau dot net keyword on domain tersebut sudah dimiliki orang lain.

Di tulis oleh: