Tips Membuat Landing Page Yang Menarik

Tips Membuat Landing Page – Landing Page merupakan halaman dalam sebuah website yang sengaja diarahkan atau ditunjukan untuk user dengan tujuan mempromosikan/menawarkan produk/jasa/promo tertentu yang sedang berlangsung. Bisa dibilang halaman ini dibuat secara khusus dengan mindset marketing. Nantinya satu halaman landing page dapat berisikan tentang informasi penting mengenai produk, jasa, service, ataupun promosi.

Terdapat 2 jenis landing page yaitu Landing Page Click Through dan Landing Page Lead Generation. Penjelasan selengkapnya bisa di lihat pada artikel Mengenal Apa Itu Landing Page Beserta Jenis – Jenisnya.

Landing Page memiliki karakteristik sebagai berikut :

Karakteristik Landing Page :

  • Merupakan sebuah halaman yang memiliki tujuan dan fungsi khusus 
  • Memiliki fungsi khusus agar mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi dalam website. Biasanya halaman ini berisi tentang penawaran produk ataupun promo yang sedang di adakan.
  • Bersifat mengajak pelanggan agar melakukan tindakan seperti  mengisi formulir, Newsletter, Pembelian Produk, dll.

Berikut ini adalah Tips membuat Landing Page yang bisa kamu praktekkan :

1. Buat Headline yang singkat, padat dan jelas namun menarik

Landing Page adalah halaman yang khusus untuk marketing sehingga, untuk Headline haruslah dibuat sesingkat dan semenarik mungkin agar pengunjung tertarik. Selain itu, Headline sangatlah penting karena merupakan hal pertama yang dilihat pengunjung web sebelum lainnya. Jika headline kurang menarik maka pengunjung bisa saja pergi dan meninggalkan website kamu. Untuk itu, usahakanlah membuat headline yang singkat, padat dan jelas namun menarik.

2. Deskripsi yang jelas 

Deskripsi akan semakin memperjelas mengenai apa yang ingin disampaikan kepada pengunjung website kamu. Seperti promosi atau mengenai detail produk ataupun apa saja yang ingin ditawarkan untuk pengunjung website. Pastikan untuk tidak membuat deskripsi yang terlalu panjang lebar. Buatlah singkat, padat dan jelas.

3. Buat ilustrasi

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah user interface & user experience pada landing page kamu. Pastikan untuk membuat Ilustrasi yang simpel dan unik serta pastikan kenyamanan pelanggan saat berkunjung dengan membuatnya menjadi mudah untuk diakses, tampilan yang mobile friendly dan lain sebagainya.

4. Lampirkan URL halaman privacy policy dan term of service 

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan saat after sales seperti komplain pelanggan dan lainnya, maka harus melampirkan privacy policy dan terms of service. Kamu bisa mencantumkan URL laman tersebut pada bagian footer.


Di tulis oleh: