Lapisan-lapisan WAP Protocol Stack

Antara gateway dan klien terdapat beberapa task yang diimplementasikan serta menjadi bagian dari WAP protocol stack. WAP protocol stack terdiri dari beberapa lapisan yaitu :

WAE (Wireless Application Environment)
WAE menyediakan alat yang digunakan oleh pengembang konten internet nirkabel. Di dalamnya terdapat WMLScript yang menjadi bahasa scripting yang digunakan di WAP.

WSP (Wireless Session Protocol)
WSP ini bertugas untuk memeriksa format data, konversi data, serta pengkodean yang ditransmisikan.

WTP (Wireless Transaction Protocol)
Layer WTP akan melakukan pengecekan apakah data berhasil dikirim atau belum. Jika data tidak terkirim, maka akan dilakukan pengiriman kembali.

WTLS (Wireless Transport Layer Security)
WTLS merupakan layer keamanan atau layer security. Disini akan dilakukan proses enkripsi daya untuk pengiriman data sensitif. WTLS memiliki fungsi yang hampir sama dengan TLS (Transport Layer Security) di TCP / IP.

WDP (Wireless Datagram Protocol)
Wireless Datagram Protocol atau WDP merupakan layer transport. Layer ini akan mengontrol transmisi data apakah menggunakan mekanisme UDP yang bersifat connectionless atau mobile IP yang bersifat connection-oriented.

Network Carriers
Dapat berupa teknologi apapun yang dapat digunakan oleh jaringan wireless. Network Carriers digunakan untuk mengirimkan informasi yang disediakan pada layer WDP.

Baca Juga:  Website error ketika dibuka dengan www

Di tulis oleh: