Cara Mempercepat Loading Website Dengan Mudah

Bagi Anda yang sudah memiliki sebuah website tentunya ingin membuat sebuah website yang memiliki performa yang maksimal. Namun bagaimana jika website Anda memiliki loading website yang lambat? Anda tidak perlu khawatir, karena ternyata ada beberapa cara mempercepat loading website.

Cara Mengukur Kecepatan Loading Website

Sebelum mengetahui beberapa cara mempercepat loading website, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengukur kecepatan loading website Anda.

Cara mengukur kecepatan loading website ternyata cukup mudah, caranya adalah dengan menggunakan beberapa tools atau alat bantu seperti Google PageSpeed Insight, GTMetrix, WebPageTest. 

Seperti misalkan Anda menggunakan tools GTMetrix. Saat Anda menggunakan tools tersebut dan memasukan alamat website Anda,  maka tools tersebut akan memberitahukan hasil pengecekan loading website Anda dalam bentuk skor. Selain dalam bentuk skor, tools tersebut juga akan memberitahukan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki loading website Anda.

Cara Mempercepat Loading Website

Setelah mengetahui bagaimana cara mengukur kecepatan loading dan apabila ternyata loading website Anda kurang bagus, ada beberapa cara mempercepat loading website Anda. Berikut ini adalah beberapa cara mempercepat loading website Anda.

1. Hapus Plugin yang Sudah Tidak Digunakan

cara mempercepat loading website yang pertama adalah dengan menghapus plugin yang sudah tidak digunakan lagi. Ketika Anda menggunakan CMS WordPress untuk website Anda, maka akan ada berbagai pilihan plugin atau alat bantu yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan website Anda.

Sebaiknya Anda hanya menggunakan yang benar-benar Anda perlukan saja. Untuk beberapa plugin yang Anda rasa sudah tidak Anda gunakan lagi, kurang cocok untuk Anda, tidak memiliki efek terhadap website Anda dan bahkan dapat memberatkan website Anda, maka Anda dapat menghapusnya. Anda juga dapat menggunakan Performance Profile untuk mengetahui yang memberatkan website Anda.

2. Optimasi Gambar 

Gambar merupakan sebuah elemen yang cukup penting dalam sebuah website. Namun ternyata penggunaan gambar yang kurang tepat dapat memburuk kinerja loading website Anda. Gambar yang kurang tepat tersebut bisa dari bisa dari ukuran file gambar dan juga ukuran tampilan gambar yang terlalu besar.

Untuk mengoptimasi ukuran file gambar Anda dapat menggunakan salah satu tools seperti Imagify, Smush, atau Image Optimizer. Sementara untuk ukuran tampilan gambar yang terlalu besar maka Anda dapat membuat ukuran yang lebih kecil. Untuk mengetahui ukuran gambar yang tepat, Anda dapat menggunakan tools GTMetrix untuk mengetahui berapa ukuran gambar yang paling optimal.

3. Optimasi Cache Dalam Website

cara mempercepat loading website yang berikutnya adalah dengan mengoptimasi cache dalam website. Cache adalah penyimpanan sementara ketika seseorang mengunjungi website. Tujuan dari cache adalah agar ketika seseorang mengunjungi website Anda untuk yang kedua, ketiga kali atau seterusnya, maka user tersebut akan dapat membuka lebih cepat karena data website Anda sudah tersimpan.

Untuk mengoptimasi cache dalam website, Anda dapat menggunakan salah satu tools atau plugin yang tersedia di WordPress seperti WP Rocket, W3 Total Cache, WP Super Cache, WP Fastest, atau Hyper Cache.

4. Minify CSS dan Javascript

Sebuah website tentunya memiliki kode-kode yang tersedia pada bagian backend website yang membangun sebuah website. Minify CSS dan Javascript adalah proses mengoptimasi kode-kode tersebut dengan cara menghilangkan karakter-karakter yang tidak diperlukan. 

Dengan cara tersebut maka kode-kode yang digunakan dalam sebuah website akan lebih maksimal dan loading website Anda juga akan semakin cepat. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menggunakan tools atau plugin Autoptimize yang tersedia di WordPress.

5. Gunakan Hosting yang Tepat dan Cepat

cara mempercepat loading website yang terakhir adalah dengan menggunakan hosting yang tepat dan cepat. Hosting merupakan bagian yang penting dalam sebuah website, karena hal tersebut juga akan mempengaruhi kinerja website Anda.

Jika Anda menggunakan hosting yang kurang tepat dan cepat, maka apapun usaha yang Anda lakukan untuk meningkatkan loading website Anda tentunya akan percuman saja. Karena hal tersebut, gunakanlah hosting yang tepat dan cepat dari Hostnic.id.

Perbaiki Loading Website Anda Sekarang Juga

Itulah beberapa cara mempercepat loading website yang bisa Anda lakukan untuk website Anda. Loading website menjadi hal yang sangat penting, karena meskipun Anda sudah memiliki website yang maksimal, baik dari tampilan dan isi website, semua akan percuma jika saat seorang user atau pengunjung website datang, mereka membutuhkan waktu yang lama untuk membuka website Anda.

Karena hal tersebut, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan loading website Anda. Selamat mencoba beberapa cara mempercepat loading website di atas dan semoga website Anda akan semakin maksimal.


Di tulis oleh: